PENINGKATAN ADVERSITY QUOTIENT MELALUI STRATEGI FOCUS GROUP DISCUSSION PADA MAHASISWA

Desika Nanda Nurvita

Abstract


Peningkatan Adversity Quotient melalui Strategi Focus Group Discussion pada Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi focus group discussion dalam meningkatkan adversity quotient pada mahasiswa program studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) IAIN Tulungagung. Penelitian menggunakan satu kelompok subjek (one group pretest-posttest designs). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa BKI angkatan 2016 kelas A, B,C, dan D, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pretest menunjukkan terdapat 10 mahasiswa yang memiliki skor adversity quotient rendah, kemudian 10 mahasiswa tersebut diberi treatment dengan intervensi strategi focus group discussion. Instrumen penelitian menggunakan inventori adversity quotient. Data dianalisis dengan menggunakan rumus paired sample t-test  untuk mengetahui peningkatan tingkat adversity quotient pada kelompok eksperimen. Hasil analisis menunjukan bahwa strategi focus group discussion yang digunakan memberikan kenaikan yang signifikan. 

 

Kata Kunci: focus group discussion, adversity quotient, mahasiswa BKI


Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. 2012. Educational Research Planning, conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research Fourth Edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Hamre, B. K., & Pianta, R. C. 2006. Student–Teacher Relationships. Journal of University Virginia, hlm 50-59. (Online), (http://www.pearweb.org/), diakses 17 Desember 2015.

Istati, M. 2013. Perbandingan Metode Dialog Sacrotes dan Focus Group Discussion dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Karahan, T.F.; Yalcin, B. M. ; & Erbas, M. M. 2014. The Beliefs, Attitudes and Views of University Students about Anger and the Effects of Cognitive Behavioral Therapy-Oriented Anger Control and Anxiety Management Programs on Their Anger Management Skill Levels. Educational Sciences: Theory and Practice, 14 (6): 2071-2082.

Krueger, R. A. 1998. Analyzing and reporting focus group results. Thousand Oaks, CA : Sage.

Lachapelle, P. & Mastel, T. 2008. Using Focus Groups for Community Development. Bozeman: Montana State University.

Leedy, Paul D. & Ormrod, Jeanne Ellis. 2005. Practical Research Planning and Design 8TH Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Lohmay. 1998. Pengubahan Perilaku Irasional dalam Kegiatan Akademik melalui Diskusi Kelompok Terarah. Tesis tidak diterbitkan. Malang. Pascasarjana UM.

Nurvita, Desika Nanda. 2011. Pengembangan Inventori Adversity Quotient dengan Media Software bagi Siswa MAN Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Studi Bimbingan dan Konseling.

Nurvita, Desika Nanda. 2018. Potret Adversity Quotient pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam. Journal An-Nafs Kajian Penelitian Psikologi, 3 (2): 162-182.

Puspita Rini, Margareth. 2013. Kemajuan Teknologi Bikin Daya Juang Mahasiswa Rendah (Online), (https://news.okezone.com/read/2013/03/20/373/778796/kemajuanteknologi-bikin-daya-juang-mahasiswa-rendah), diakses 10 Maret 2018.

Putra, Adhimulya Nugraha. 2016. Hubungan Antara Adversity Quotient dan Employability pada Mahasiswa Tingkat AKhir. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Rohida, Leni. 2018. Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6 (1): 114136

Rohmah, F. A. 2006. Pengaruh Diskusi Kelompok untuk Menurunkan Stres pada Mahasiswa yang Sedang Skripsi. Indonesian Psychological Journal, 3 (1): 50-62.

Sedanayasa, Gede. 2014. Pengembangan Pribadi Konselor. Yogyakarta: Graha Ilmu

Shivaranjani. 2014. Adversity Quotient: One Stop Solution To Combat Attrition Rate Of Women In Indian It Sector. International Journal of Business and Administration Research Review, 1 (5): 181-189.

Stoltz, P. G. 2000. Adversity Quotient: Turning Obstacles into Opportunities (Mengubah Hambatan menjadi Peluang). Terjemahan oleh T, Hermaya. 2000. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Sukardewi, Nyoman: Dantes, Nyoman; & Natajaya Nyoman. 2013. Kontribusi Adversity Quotient (AQ), Etos Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi

Administrasi Pendidikan, Vol 4.

Yusuf, Syamsu. & Nurihsan, Juntika. 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosda Karya.

_________, 2012, Undang-undang Republik Indonesia Nomor. (online),

(unnes.ac.id/wp-content/uploads/uu-12-2012.pdf), diakses tanggal 10

Maret 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v2i1.7210


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: 0852-6091-2966
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id