MENGGALI POTENSI DIRI ANAK BROKENHOME DI YAYASAN MADANIA YOGYAKARTA

Ainul hayati putri

Abstract


Menggali potensi diri anak brokenhome di yayasan Madania. Potensi adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang dan setiap orang memliki potensi yang berbeda. Penelitian yang digunakan yaitu deskriptip kuaitataif menggunakan teknik random sampling teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Subjek penelitian berjumlah 5 anak dan 1 pengasuh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana menggali ptensi diri dan masalah yang dihadapi dalam proses menggali potensi diri Hasil penelitian cara anak menggali potensi diri berbeda-beda dan masih ada yang belum mampu menemukan minat dan bakat yang di miliki. Masalah yang dihadapi oleh pengasuh yaitu Pengasuh mengungkapkan masalah yang dihadapi dalam menggali potensi diri anak di yayasan Madania yaitu: Menghadapi anak yang sulit beradaptasi, Berkomunikasi dengan anak yang memiliki ragam bahasa karena berasal dari daerah yang berbeda, Anak yang psikologisnya bermasalah karena masalah yang dihadapi.


Keywords


Pola Asuh, Brokenhome

Full Text:

Untitled

References


Harbeng Masni. Tt. Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua, Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa, Jurnal Ilmiah Dikdaya.

J Moleong ,lexi. 2007. Metode Penelitiian Kualitatif edisi revisi, Bandung: Rosda Karya

Mahasri Shobahiya, Aris Suseno. 2013. Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri Dalam Film The Miracle Worker, jurnal SUHUF, Vol. 25, No. 1.

Oetari Wahyu Wardhani. 2016 .Problematika Interaksi Anak Keluarga Broken Home Di Desa Banyuroto, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. Yogyakarta.

Prihadi, Endra K. 2004. My Potensi, Jakarta: Efek Media Komputindo.

Sadli Saparinah (editor). 1986. Inteligensi, Bakat, dan Test IQ, Cetakan I. Jakarta: Gaya Favorit

Press.

Sella Khoirunnisa, Ishartono dkk, Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Asuh Di Panti Sosial Asuhan Anak, VOL. 2 No. 1

Sugiyarto. 2010. Memberdayakan Potensi Kaum Muda, Klaten: Cempaka Putih.

Sri Habsari. 2005. Bimbingan dan Konseling SMA kelas XI, Jakarta : Grasindo.

Resilience Of A Child From Broken-Home Family: A Phenomenology Study, Jurnal. Vol. Iii, Issue 9.

Tria Widyastuti. 2017. Master Program in Psychology, Universitas Gadjah Mada, Indonesia,

Willis, S. Sofyan. 2008. Konseling Keluarga. Jakarta: Alfa Beta




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v3i2.8244


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: 0852-6091-2966
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id