“RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM MENANGANI KECEMASAN PASIEN PRA OPERASI GETAH BENING DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG”

Ahmad Putra

Abstract


Kecemasan yang dialami oleh sebagian besar pasien pra operasi getah bening secara tidak langsung menghambat proses kelancaran operasi yang akan dijalani oleh pasien. Kecemasan tersebut menjadikan pasien bimbang dan ragu hingga pada akhirnya berpikiran negatif terhadap kesehatannya setelah operasi dilakukan. Apalagi masing-masing pasien pra operasi mengaku bahwa sebelumnya belum pernah menjalani tindakan operasi dan belum pernah merasa cemas seperti saat ini. Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan teknik rational emotive behavior therapy (REBT) mengatasi kecemasan dan pikiran negatif terhadap dua pasien yang akan menjalani tindakan operasi getang bening di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Pemberian bantuan dengan menggunakan REBT diterapkan untuk memperbaiki cara pandang pasien terhadap keadaan yang sedang dihadapi. Penelitian ini berbentuk action research, di mana peneliti memberikan terapi atau perlakuan secara langsung terhadap dua pasien tersebut. Adapun tahapan yang dilakukan: (a) berempati dengan kondisi klien; (b) memberi suasana  berkatarsis; (c) mengajak klien membombardir perasaan negatifnya; (d) membuat kontrak. Hasil yang diperoleh bahwa kedua pasien mulai menyadari bahwa apa yang ia cemaskan tidaklah tepat, karena itu tidak akan menyelesaikan persoalan apa-apa. Dengan demikian, penerapan teknik REBT memberikan kontribusi dalam mengubah cara pandang pasien terhadap persoalannya dalam menghilangkan kecemasan pra operasi getah bening.


Keywords


REBT, Kecemasan, Pra Operasi

Full Text:

PDF

References


Annisa Dona Fitri dan Ifdil, “Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia),” Konselor, Vol. 5, No 2 (June 2016)

Ahmud Muhammad dan Thohir Mohamad, “Konseling Islam Dengan Terapi Rasional Emotif Behavior Untuk Mengubah Wanita Penyanyi Cafe Yang Suka Minum Minuman Keras,” Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Vol. 03, No 02 (2013)

Burton, A. (Ed.), Operational Theories of Personality, (New York: Brunner/Manzel, 1974)

Corey G, Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi, (Bandung: PT Refka Aditama, 2013)

Ellis A. dan Abrahms, Brief Psychotherapy in Medical and Health Practice, Disadur Oleh Fredy Didy Senduk, dalam http://psikiatri fds.blogspot.co.id/search?q=terapi+rasional+emotif, diakses pada 21 Mei 2020 Pukul 11.00 WIB

Faridah, Virgianti Nur, “Terapi Murottal (Al-Qur’an) Mampu Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Laparatomi,” JURNAL KEPERAWATAN, Vol. 6, No 1 (Januari 2015)

Faradisi, Firman, “Efektivitas Terapi Murotal Dan Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tingkat Kecem asan Pasien Pra Operasi di Pekalongan,” Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. V, No 2 (September 2012)

Fauziyah, Dede Misybah, Bimbingan Konseling Rational Emotif Behaviour Therapy Teknik Homework Assigment Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar, Skripsi, (Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Lampung, 2017)

Froggatt, Wayne, A Brief Introduction To Rational Emotive Behaviour Therapy: Third Edition, (Hastings: Wayne Froggatt, 2005)

Hartati Sri dan Rahman Imas Kania, “Konsep Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Berbasis Islam Untuk Membangun Perilaku Etis Siswa,” Genta Mulia, Vol. VIII, No 2 (Juli 2017)

Patimah Iin, Suryani dan Nuraeni Aan, “Pengaruh Relaksasi Dzikir Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisa,” JURNAL KEPERAWATAN BINA SEHAT, Vol. 3, No 1 (April 2015)

Kartono, Kartini, Hygiene Mental dan Kesehatan Mental dalam Islam, (Bandung: Mandar Maju, 1989)

Kohar Muhamad Abdul dan Mujahid Imam, “Bimbingan Dan Konseling Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Penerima Manfaat,” Al-Balagh Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 2, No 1 (Januari-Juni 2017)

Kamalasari, Gantina, Teori Dan Teknik Konseling, (Jakarta: PT. Indeks, 2011)

Lesmana, Jeannete Murad, Dasar-dasar Konseling, (Jakarta: Universitas Indonesia, 2011)

Latipun, Psikologi Konseling, (Malang: UMM-Press, 2005)

Lubis, Namora Lumongga, Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik, (Jakarta: Kencana, 2011)

Nusuki, “Penggunaan Pendekatan Konseling Rational Emotiv Behavioral Therapy Melalui Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Siswa Yang Mengalami Kesurupan di SMAN 2 Aikmel,” Jurnal EducatiO, Vol. 9, No 1 (Juni 2014)

S, Steven Schwartz, Abnormal Psychology: a discovery approach, (California: Mayfield Publishing Company, 2000)

Sukardi, Dewa Ketut, Pengantar Teori Konseling; Suatu Uraian Ringkas, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985)

Sarwono, Sarlito Wirawan, Pengantar Psikologi Umum, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)

Savitri Wenny, Fidayanti Nani, dan Subiyanto Paulus, “Terapi Musik Dan Tingkat Kecemasan Pasien Preoperasi,” Media Ilmu Kesehatan, Vol. 5, No 1 (April 2016)

Sukardi, Dewa Ketut, Pengantar Teori Konseling, (Ghalia Indonesia: Jakarta, 1985)

Sumardi, Suryabrata, Metodologi Penelitian, (Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2010)

Widosari, Yuke Wahyu “Perbedaan Derajat Kecemasan dan Depresi Mahasiswa Kedokteran Preklinik dan Ko-Asisten di FK UNS Surakarta.” Skripsi. (Surakarta: Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, 2010)

Wardani Lingga Kusuma dan Sari Dhita Kurnia, “Analisa Kemampuan Mengontrol Marah Ditinjau Dari Penerapan REBT (Rational Emotive Behaviour Theraphy) Pada Klien Skizofrenia Di UPT Bina Laras Kras Kediri,” STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 7, No 2 (November 2018)

Yusuf, Syamsu, Mental Hygine: Terapi Psikopiritual untuk Hidup Sehat Berkualitas, (Bandung: Maestro, 2009)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v3i2.8253


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id