Artikel
Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di Sekolah Dasar 19 Banda Aceh
Affiliation Details
- Irma Suryani: Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
- Sri Adelila Sari: Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
- Sri Milfayetty: Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Abstract
Kerusakan lingkungan dapat menimbulkan bencana alam. Bencana tersebut dapat mengakibatkan korban jiwa dan harta benda. Hal ini disebabkan masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang kesiapsiagaan dan kepedulian akan fenomena alam dan diakibatkannya. Dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan diperlukan model pembelajaran, salah satu quantum teaching dengan permainan ular tangga dan engklek. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui cara model quantum teaching dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di sekolah dasar negeri 19 Banda Aceh. Tempat penelitian Sekolah Dasar Negeri 19 Banda Aceh pada siswa kelas V (lima) yang berjumlah 17 (tujuh belas). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan model quantum teaching dengan menggunakan permainan ular tangga dan engklek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai 82,4% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 94,1% pada siklus kedua. Kesimpulan adalah model quantum teaching dapat meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di sekolah dasar negeri 19 Banda Aceh. Hal ini, merupakan upaya mempersiapkan masyarakat melalui siswa sekolah dasar dalam menghadapi bencana gempa bumi yang mungkin, akan terjadi dan tanpa diduga.
Kata Kunci: Pengetahuan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi, dan Model Quantum Teaching.
Environmental damage can lead to disaster. The disaster may result in loss of life and property. This is due to the low of public knowledge on the preparedness and awareness of the natural phenomena and causes. To improve the knowledge of preparedness required learning models, one of it is quantum teaching by using ular tangga (snakes and ladders game) and engklek (hopscotch game). The purpose of this research was to improve the knowledge of preparedness to face the earthquake by using quantum teaching. This study took place at the fifth grade of Elementary School of 19 Banda Aceh. There were seventeen students for the samples. This was an action research that consisted of two cycles covering the stages of planning, action, observation, and reflection. The results showed that the learning outcomes of students reached 82.4 % in the first cycle and increased up to 94.1 % in the second cycle. The conclusion was teaching by using quantum models can improve students’ knowledge of preparedness to face the earthquake. This study was one of efforts to prepare the community through elementary school students to face the earthquake that might happen unexpectedly.
Keyword: Knowledge of Earthquake Preparedness, and Teaching Quantum Models
3
TOTAL VIEWS
0
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Bendelina Dimu Ratu, Agus Maramba Meha, Thedora Sarlotha Nirmala Manu, THE EFFECT OF THE QUANTUM LEARNING MODEL ASSISTED WITH VIDEO ON STUDENTS' COGNITIVE LEARNING OUTCOMES IN SMP NEGERI 5, KUPANG , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 2 (2021): JURNAL BIOTIK
- Tuti Marjan Fuadi, Adlim Adlim, Mustafa Sabri, Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Sikap Siswa MAN Darussalam Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Biotik
- Fadliyani Fadliyani, Muhibbuddin Muhibbuddin, M. Ali Sarong, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Edi Syahputra Barus, T. Budi Aulia, Ismail AB, Pendidikan Mitigasi Bencana Berbasis Lingkungan Masyarakat Terhadap Titik Evakuasi Bencana Tsunami , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik
- Nurasiah Nurasiah, Kompetensi Akademik Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik
- Natasya Rahiimah, Rahmadhani Fitri, Relsas Yogica, Effectiveness of Pjbl-Based E-LKPD Implementation in Teaching Plant Tissue Materials , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 13 No. 1 (2025): JURNAL BIOTIK
- Nursalmi Mahdi, Qudwatin Qudwatin, Muhammad Isa, Dewi Mulyati, Kompetensi Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah Iain Ar-Raniry Dalam Pengajaran Biologi (Studi Kasus Pada MAN Kota Banda Aceh) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Biotik
- Fakhri Yacob, Ridwan M Daud, TEACHING SKILLS THROUGH THE USE OF AUDIO-VISUAL MEDIA AT MIDDLE SCIENCE TEACHERS IN SUBURBS , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 1 (2023): JURNAL BIOTIK
- Eriawati Eriawati, Nafisah Hanim, ANALYSIS OF STUDENTS' RESPONSES TO BIOLOGY TEACHING MATERIALS BASED ON AL QUR’AN VALUES , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 2 (2023): JURNAL BIOTIK
- Eriawati Eriawati, Noni Heriyanti, PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOMPENDIUM AL-QUR’AN OLEH GURU ALUMNI PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UIN AR-RANIRY BANDA ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 1 (2020): JURNAL BIOTIK
You may also start an advanced similarity search for this article.