Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di Sekolah Dasar 19 Banda Aceh

Irma Suryani, Sri Adelila Sari, Sri Milfayetty

Abstract


Kerusakan lingkungan dapat menimbulkan bencana alam. Bencana tersebut dapat mengakibatkan korban jiwa dan harta benda. Hal ini disebabkan masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang kesiapsiagaan dan kepedulian akan fenomena alam dan diakibatkannya. Dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan diperlukan model pembelajaran, salah satu quantum teaching dengan permainan ular tangga dan engklek. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui cara model quantum teaching dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di sekolah dasar negeri 19 Banda Aceh. Tempat penelitian Sekolah Dasar Negeri 19 Banda Aceh pada siswa kelas V (lima) yang berjumlah 17 (tujuh belas). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan model quantum teaching dengan menggunakan permainan ular tangga dan engklek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai 82,4% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 94,1% pada siklus kedua. Kesimpulan adalah model quantum teaching dapat meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di sekolah dasar negeri 19 Banda Aceh. Hal ini, merupakan upaya mempersiapkan masyarakat melalui siswa sekolah dasar dalam menghadapi bencana gempa bumi yang mungkin, akan terjadi dan tanpa diduga.

Kata Kunci: Pengetahuan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi, dan Model Quantum Teaching.


Environmental damage can lead to disaster. The disaster may result in loss of life and property. This is due to the low of public knowledge on the preparedness and awareness of the natural phenomena and causes. To improve the knowledge of preparedness required learning models, one of it is quantum teaching by using ular tangga (snakes and ladders game) and engklek (hopscotch game). The purpose of this research was to improve the knowledge of preparedness to face the earthquake by using quantum teaching. This study took place at the fifth grade of Elementary School of 19 Banda Aceh. There were seventeen students for the samples. This was an action research that consisted of two cycles covering the stages of planning, action, observation, and reflection. The results showed that the learning outcomes of students reached 82.4 % in the first cycle and increased up to 94.1 % in the second cycle. The conclusion was teaching by using quantum models can improve students’ knowledge of preparedness to face the earthquake. This study was one of efforts to prepare the community through elementary school students to face the earthquake that might happen unexpectedly.

Keyword: Knowledge of Earthquake Preparedness, and Teaching Quantum Models

Keywords


Knowledge of Earthquake Preparedness; Teaching Quantum Models

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v2i2.240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Index By

       

Office Address

Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id

Contact Person

Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)