PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOMPENDIUM AL-QUR’AN OLEH GURU ALUMNI PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Eriawati Eriawati, Noni Heriyanti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kemampuan Penggunaan Model Pembelajaran Kompendium Al-Qur’an oleh Guru Biologi Alumni Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam perencanaan dan pelaksanaan proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menganalisis RPP dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan Penggunaan Model Pembelajaran Kompendium Al-Qur’an oleh Guru Biologi Alumni Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry di SMP dan SMA Aceh Selatan dan Aceh Besar dalam perencanaan masih sebatas memberi salam dan berdoa dikegiatan pendahuluan, sudah ada sebagian guru yang menuliskan ayat dan surat Al Qurán yang sesuai dengan materi ajar dan ada juga yang tidak menggunakannnya pada kegiatan inti dan penutup. Sedangkan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar model pembelajaran kompendium Al-Qur’an sudah diterapkan pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru biologi Alumni Program Studi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh di SMP dan SMA khususnya Aceh Selatan dan Aceh Besar sudah menerapkan pembelajaran kompendium Al Qur’an baik dalam perencanaan pembelajaran (RPP) dan dalam proses pembelajarannya.  Model kompendium Al- Qurán ini diharapkan dapat diterapkan oleh semua guru yang mengajar biologi sehingga penguasaan materi biologi dan Al-Qur’an bisa seimbang.

Kata kunci: Model pembelajaran, kompendium al qur’an, Guru biologi, Alumni prodi biologi UIN Ar-Raniry.

 

               

 

 

 

Abstract: This study aims to determine the ability to use the Al-Qur'an Compendium Learning Model by the Biology Alumni Teacher of the UIN Ar-Raniry Study Program in Banda Aceh in the planning and implementation of the teaching and learning process. This study uses a qualitative approach, data collection research is conducted by analyzing lesson plans and observations. The results showed the Ability of Using the Al-Qur'an Compendium Learning Model by Alumni Biology Teachers of the Biology Education Study Program at UIN Ar-Raniry in South Aceh Middle and High School and Aceh Besar in planning was still limited to greetings and prayers in preliminary activities. write verses and letters of the Qur'an that are in accordance with the teaching material and there are also those who do not use them in the core and closing activities. Alumni biology teacher of the Biology Education Study Program of UIN Ar-Raniry Banda Aceh in Middle and High Schools, especially South Aceh and Aceh Besar, has applied the Qur'anic compendium learning both in learning planning (RPP) and in the learning process. This compendium of the Qur'an is expected to be applied by all teachers who teach biology so that mastery of biological and Qur'anic material can be balanced.

 

Keywords: Learning model, compendium al quran, biology teacher, alumni of  UIN Ar-Raniry biology study program.


Keywords


Model pembelajaran, kompendium al qur’an, Guru biologi, Alumni prodi biologi UIN Ar-Raniry.

Full Text:

PDF

References


Anonym. 2017 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Online) www.dikti.go.id/files/atur/UU20-2003 Sisdiknas. pdf,. diakses 29 Mai 2017.

Anonym. 2008. Proposal Program Pendidikan Guru Umum Unggulan (PGUU) pada Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry.

Nanang Gojali. 2004. Manusia Pendidikan dan Sains dalam Perspektif Tafsir Hermeneutik. Jakarta : Rineka Cipta.

Syaifuddin Sabda. 2016. Model Kurikulum Terpadu Iptek dan Imtaq. Jakarta: Quantum Teaching.

Mochtar Naim. 2011. Kompendium Himpunan Ayat-ayat Al Quran yang Berkaitan dengan Botani dan Zoologi, Jakarta: Hasanah.

Yeni Suryaningsih. Jurnal Bio Educatio, Volume 3, Nomor 1, April 2018, h. 22-33.

Bambang Sri Anggoro, Nukhbatul Bidayati Haka, Hawani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 5 No. 2 September 2019 h. 164-172.

Maulana Ihwanudin, Budi Astuti, Agus Yulianto. Unnes Physics Education Journal vol 7. No 3 November 2018, h. 36-42

Sukmadinata. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyatmi. 2009. Pembelajaran Kompendium Al Qur’an Melalui Metode Diskusi Kelas Dan Diskusi Kelompok Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Kepribadian Siswa (Studi Kasus Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem MTs Negeri Karangmojo semester genap tahun pelajaran 2008/2009), (Tesis). Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v8i1.6356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Flag Counter    

 

Indexed by:

                     

 

Sponsored by:

Office Address

Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id

Contact Person

Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)