Artikel
Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di Sekolah Dasar 19 Banda Aceh
Affiliation Details
- Irma Suryani: Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
- Sri Adelila Sari: Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
- Sri Milfayetty: Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Abstract
Kerusakan lingkungan dapat menimbulkan bencana alam. Bencana tersebut dapat mengakibatkan korban jiwa dan harta benda. Hal ini disebabkan masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang kesiapsiagaan dan kepedulian akan fenomena alam dan diakibatkannya. Dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan diperlukan model pembelajaran, salah satu quantum teaching dengan permainan ular tangga dan engklek. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui cara model quantum teaching dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di sekolah dasar negeri 19 Banda Aceh. Tempat penelitian Sekolah Dasar Negeri 19 Banda Aceh pada siswa kelas V (lima) yang berjumlah 17 (tujuh belas). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan model quantum teaching dengan menggunakan permainan ular tangga dan engklek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai 82,4% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 94,1% pada siklus kedua. Kesimpulan adalah model quantum teaching dapat meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di sekolah dasar negeri 19 Banda Aceh. Hal ini, merupakan upaya mempersiapkan masyarakat melalui siswa sekolah dasar dalam menghadapi bencana gempa bumi yang mungkin, akan terjadi dan tanpa diduga.
Kata Kunci: Pengetahuan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi, dan Model Quantum Teaching.
Environmental damage can lead to disaster. The disaster may result in loss of life and property. This is due to the low of public knowledge on the preparedness and awareness of the natural phenomena and causes. To improve the knowledge of preparedness required learning models, one of it is quantum teaching by using ular tangga (snakes and ladders game) and engklek (hopscotch game). The purpose of this research was to improve the knowledge of preparedness to face the earthquake by using quantum teaching. This study took place at the fifth grade of Elementary School of 19 Banda Aceh. There were seventeen students for the samples. This was an action research that consisted of two cycles covering the stages of planning, action, observation, and reflection. The results showed that the learning outcomes of students reached 82.4 % in the first cycle and increased up to 94.1 % in the second cycle. The conclusion was teaching by using quantum models can improve students’ knowledge of preparedness to face the earthquake. This study was one of efforts to prepare the community through elementary school students to face the earthquake that might happen unexpectedly.
Keyword: Knowledge of Earthquake Preparedness, and Teaching Quantum Models
40
TOTAL VIEWS
0
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Rahmayanti Rahmayanti, Razali Razali, Mudatsir Mudatsir, Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Dengan Infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) Pada Murid Kelas 1, 2 Dan 3 SDN Pertiwi Lamgarot Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Ibrahim Ibrahim, Penggunaan Model Tipe STAD dalam Materi Ajar Sistem Reproduksi di Sekolah Menengah , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 2 (2016): JURNAL BIOTIK
- Hasanuddin Hasanuddin, Djufri Djufri, Kusyanti Kusyanti, Nazaruddin Nazaruddin, ETHNOBOTANICAL SURVEY OF MEDICAL PLANT USED FOR THE TREATMENT OF HYPERTENSION IN SUBULUSSALAM SUB-DISTRICT ACEH, INDONESIA , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 1 (2021): JURNAL BIOTIK
- Cut Nisna Juwita, MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 SAKTI KABUPATEN PIDIE DALAM PELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING DENGAN TEKNIK BERNYANYI , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 7 No. 2 (2019): JURNAL BIOTIK
- Hasanuddin Hasanuddin, Khairil Khairil, Putri Putri, Marlina marlina, PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PROFILES OF SENIOR SECONDARY BIOLOGY TEACHERS AT PUBLIC SCHOOLS IN BIREUEN DISTRICT ACEH INDONESIA , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 10 No. 1 (2022): JURNAL BIOTIK
- Marlina Marlina, Upaya Peningkatan Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Protista Dan Fungi Melalui Penggunaan Learning Strategy , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Biotik
- Wildan Seni, Nazli Ismail, Ismail AB, Pendidikan Mitigasi Bencana Berbasis Lingkungan Masyarakat Terhadap Jalur Evakuasi Gempa Bumi Berpotensi Tsunami (Studi Kasus Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik
- Wira Yanti, PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 15 KOTA TAKENGON TAHUN PELAJARAN 2018-2019 , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 7 No. 2 (2019): JURNAL BIOTIK
- Mayang Anazalia, Rahmawati Darussyamsu, Lufri Lufri, Syamsurizal Syamsurizal, Yusni Atifah, VALIDITAS INSTRUMEN TES BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) TENTANG MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 2 (2020): JURNAL BIOTIK
- Diki Muhamad Chaidir, Purwati Kuswarini Suprapto, IMPLEMENTATION OF 3D SOFTWARE TOWARDS REPRESENTATION MICROSCOPIC AND SPATIAL INTELLIGENCE OF PROSPECTIVE BIOLOGY TEACHERS , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 1 (2021): JURNAL BIOTIK
You may also start an advanced similarity search for this article.