PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK MELALUI PERMAINAN JARI-JARI KREATIF PADA KELOMPOK B DI TK AL-IKHLAS LAMLHOM KECAMATAN LHOKNGA ACEH BESAR

Riza Oktariana

Abstract


Penelitian ini berkaitan dengan problem yang dialami guru dan perlu mencari pendekatan atau metode pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah dengan menggunakan permainan jari-jari kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan kemampuan menggambar anak melalui permainan jari-jari kreatif dan bagaimana respon anak terhadap permainan jari-jari kreatif untuk meningkatkan kemampuan menggambar di TK Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga kabupaten Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini seluruh anak TK Al-Ikhlas Lamlhom yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 orang siswi dan 8 orang siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Lembar observasi anak Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa, cara penggunaan permainan jari-jari kreatif dalam pembelajaran menggambar bagi anak Kelompok TK Al-Ikhlas Lamlhom yaitu anak diperintahkan membuat gambar dengan menggunakan jari tangan, kemudian guru menilai sejauh mana kemampuan anak dapat menggambar dan menempelkan gambar yang diperintahkan oleh penulis yang melakukan penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil terjadi peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I berkembang sesuai harapan (BSH) 50,6 %, berkembang sangat baik (BSB) 5 %, dan pada siklus II lebih meningkat lagi yaitu berkembang sesuai harapan (BSH) menjadi 41% dan berkembang sangat baik (BSB) menjadi 59%.


Keywords


Kemampuan Menggambar Anak, Permainan Jari-Jari Kreatif

References


Arikunto Suharsimi, 2008, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Brenner 1990, http://madrasah-holistik.blogspot.com/2010/06/upaya-guru-dalam meningkatkan profesionalisme, (di akses pada tanggal 05 juni 2010)

Budi, Prawira Triton. 2003. SPSS 13.0 Terapan.Riset Statistik Parametrik. Penerbit Andi Yogyakarta

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah. 2006. Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak Dan Raudlatul Athfal Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum KTSP. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Hermawan, K., Mujono, dan Suherman, A. 2007, Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Pamadhi Hajar. Evan Sukardi S. 2008. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Munandar, S.C. Utami , 1992, Mengembangkan Bakat Anak, Jakarta : Gramedia

Rohani, Ahmad. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta

Sadiman, AS, dkk. 2007. Media pendidikan (pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya). Jakarta: Pustekom Dikbuddan PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, 2001. Statistik Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara

Sudjono, 2005. Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru

Subroto Suryo, 2002. Proses BelajarMengajar di Sekolah .Jakarta: RinekaCipta.

Santrock, John W 2007, Piskologi Pendidikan, Terjemahan oleh : Triwibowo BS, Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Subroto Suryo, 2006, Proses Belajar Mengajar di Sekolah .Jakarta: Rineka Cipta.

Solahudin. 2007, Penggunaan Media Pembelajaran yang Baik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wira Indra Satya. 2006. Membangun Kebugaran Jasmani dan Kecerdasan Melalui Bermain, Depdiknas, Dirjen Dikti, Direktorat Ketenagaan




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.17055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riza Oktariana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.