PROFIL PSIKOLOGIS ANAK AUTIS DENGAN PENERAPAN KURIKULUM IEP DI SLB MITRA ANANDA

Syifa Izza Kamila, Vera Imanti

Abstract


Autis merupakan gangguan perkembangan yang ditandai dengan adanya kelainan perkembangan yang terjadi sebelum anak berusia 3 tahun dengan ciri kelainan fungsi dalam tiga aspek yaitu, interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku yang terbatas dan berulang. Keterbatasan yang dimiliki anak autis menjadikan mereka membutuhkan layanan pendidikan khusus seperti Sekolah Luar Biasa (SLB). SLB Mitra Ananda menerapkan kurikulum IEP (Individual Educational Program) dengan materi penanganan dimulai dari apa yang dapat dilakukan oleh anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini berjumlah 3 orang dengan pemilihan sampel dilakukan melalui teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian ini membahas kondisi psikologis berupa kemampuan sosial-emosi pada anak autis tingkat sedang setelah mendapat kurikulum IEP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi psikologis berupa kemampuan sosial-emosi pada anak autis di SLB Mitra Ananda setelah mendapat kurikulum IEP yaitu anak mampu mengenal jenis emosi dan fungsinya, anak belajar untuk menahan diri dari hal-hal yang dapat menyakiti dirinya dan orang lain, anak menahan diri ketika tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkannya, anak mulai mengenali lingkungannya, anak secara perlahan membuka diri dan mau melakukan interaksi dengan orang lain yang berada di lingkungannya meskipun terkadang harus didampingi oleh guru atau orang tuanya.


Keywords


Anak autis; SLB; Kurikulum IEP

Full Text:

PDF

References


Ballerina, Titisa. “Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf.” Inklusi 3, no. 2 (2016): 245–266. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/030205.

Budyawati, Luh Putu Indah. “Pengembangan Program Pembelajaran Individual (PPI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif Jember.” Seling: Jurnal Program Studi PGRA 6, no. 2 (2020): 89–101. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/625/505.

Direktorat Jenderal PAUD dan DIKMAS. “Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Program Pembelajaran Individual.” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, no. 021 (2018): 1–17.

Dwimarta, Rahmasari. “Rancangan Iep (Individualized Educational Program) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Pendidikan Inklusif.” In Seminar Nasional Pendidikan UNS & ISPI Jawa Tengah, 230–236, 2015. https://media.neliti.com/media/publications/171921-ID-rancangan-iep-individualized-educational.pdf.

Fathimah. “Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Autisme Di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Kota Madiun (SD Muhtadin) Tahun Pelajaran 2021/2022.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2022. http://etheses.iainponorogo.ac.id/19413/1/203180049_FATHIMAH_PGMI.pdf.

Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan. “Program Pembelajaran Individual (PPI).” Last modified 2020. Accessed February 20, 2023. https://gurubelajar-inklusif.simpkb.id/courses/inklusi/lessons/identifikasi-asesmen-akomodasi-kurikulum-dan-ppi/topic/program-pembelajaran-individual-ppi/.

Khoeriah, N. Dede. “Individualized Educational Program Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif.” Inclusive: Journal of Special Education III, no. 01 (2017): 41–49.

Khoirunnisa, Riza Noviana, and Mochammad Nursalim. “Studi Kasus Dinamika Emosi Pada Anak Autis.” Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 2, no. 2 (2012): 108–120. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jptt/article/view/1846.

Maslim, Rusdi. Buku Saku Diagnosis Gangguan Jiwa Rujukan Ringkas Dari PPDGJ-III,DSM-5,ICD-11. Jakarta: PT. Nuh Jaya, 2019.

Nurfadhillah, Septy, Mia Syariah, Eva Nur Mahromiyati, Silvi Nurkamilah, Tia Anggestin, Humayah Raja Ashabul Manjaya, and Nasrullah. “Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi Sdn Cipondoh 3 Kota.” Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains 3, no. 3 (2021): 459–465.

Purbosari, Sasi Ratri. “Peranan Program Pembelajaran Indivisual (PPI) Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Autis Di SD N 2 Bendan Tahun Ajaran 2011/2012 (Studi Kasus Di Sekolah Penyelenggara Inklusi).” Universitas Sebelas Maret, 2012.

Rahardjo, Mudjia. “Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.

Riadi, Muchlisin. “Sekolah Luar Biasa (SLB)- Pengertian, Sistem Pendidikan Dan Jenis.” Last modified 2022. Accessed February 5, 2023. https://www.kajianpustaka.com/2022/09/blog-post_07.html.

Santoso, H. Cara Memahami Dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publisihing, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: AlFABETA, 2013.

Suteja, Jaja. “Bentuk Dan Metode Terapi Terhadap Anak Autisme Akibat Bentukan Perilaku Sosial.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi 3, no. 1 (2014): 119–133. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/325.

Ulva, Maria, and Rizki Amalia. “Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus(Autisme) Di Sekolah Inklusif.” Journal On Teacher Education 1, no. 2 (2020): 9–19. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/512/439.

Vusparatih, Dina Sekar. “Individual Education Program Kaitannya Dengan Differentiated Assessment: Strategi Mengakomodir Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Umum.” Humaniora 2, no. 2 (2011): 996.

World Health Organization. “Autism.” World Health Organization.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.18051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syifa Izza Kamila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


Support By:                                                Collaborated With:                   

   

Visitors:

Flag Counter