PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA CANVA TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA ANAK DI TAMAN KANAK- KANAK AISYIYAH 1 BUKITTINGGI

Mutiara Sujana, Serli Marlina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi belum berkembangnya keterampilan bercerita pada anak. Hal ini disebabkan kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan untuk mendorong anak mengembangkan kemampuan dasar tersebut menjadi lebih lebih optimal dengan penggunaan media yang menarik. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan media canva terhadap keterampilan bercerita anak di Taman Kanak-kanak. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy eksperimen). Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 1 Bukittingi. Sampel penelitian terdiri dari 24 orang anak yang terbagi atas dua kelompok pengujian (eksperimen dan kontrol). Alat pengumpulan data penelitian menggunakan rating scale. Data dianalisis setelah memenuhi uji prasyarat normalitas, homogenitas. Adapun dalam analisis pengaruh peneliti menggunakan uji hipotesis (independent sample t-test). Perolehan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 dan kemudian hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain score kelas eksperimen 14,83 lebih besar dibandingkan kelas kontrol 12.75 sehingga perlakuan metode bercerita menggunakan media canva lebih tinggi dibandingkan konvensional yang biasa digunakan guru di Sekolah. Kesimpulan penelitian ini adalah metode bercerita menggunakan media canva berpengaruh besar dalam menstimulasi keterampilan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 1 Bukittinggi.

References


Adawiyah. (2019). Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Proceeding Education Transformation in Facing Industrial Revolution, 183.

Amrina, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkat Penguasaan Mufradhat dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 10.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Kualitatif Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Astuti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1).

Brewer. (2007). Introduction to Early Child- Nood Education Preschool Through Grades. Pustaka Belajar.

Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1).

Hurlock. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Keli). Erlangga.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurna Pendidikan Anak Bunayya, 4(1), 7.

Itadz. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Tiara Wancana.

Jhon W. Santrok. (2007). Perkembangan Anak. Erlangga.

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Publisher.

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenada Media Group.

Masyitah. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Balok Huruf pada Kelompok B TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).

Mukhtar. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

Ngaisah, N. C. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdefiansi dalam Kurikulum Mereka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurna Pendidikan Anak Bunayaa, 9(1), 8.

Novelia. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambunsai, 4(2), 11.

Rahayu. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercarita. PT. Indeks.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Satta. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Teka Teki Silang Pada Anak Kelompok B TK Al- Hidayah Fathul Huda. Universitas Nusantara Pgri Kediri.

Sholeh. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial Sebagai Upaya Promosikan Hasil Produk Ukm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430.

Surakhmad, W. (2018). Buku Metode Penelitian. IKIP Malang.

Suyadi & Mauldya. (2013). Konsep Dasar PAUD. Remaja Rosdakarya.

Tanjung & Faiza. (2019). Canva sebagai Media Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vote Teknika, 7(2).

Yasbiati, Pranata, F. (2013). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kotakata Bahasa Sunda Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK PGRI Cibeureum. Jurnal Paud Agepedia, 1(1), 20–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.20802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mutiara Sujana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.