EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KARAKTER JUJUR ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA 1-63 KOTA PADANG

Welli Mailona, Serli Marlina

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif permainan tradisional congklak terhadap karakter jujur anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Kota Padang. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah belum optimalnya pengembangan karakter jujur anak seperti melakukan masih banyak anak yang melakukan kecurangan saat bermain, berkata bohong ketika ditanya oleh guru, dan tidak mau mengembalikan barang milik temannya. Sampel penelitian adalah anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Kota Padang sebanyak 45 orang anak yang terdiri dari 15 anak dikelas eksperimen dan 15 anak dikelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu (Quasi eksperimental). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes dilakukan dengan membandingkan perbedaan dua rata-rata nilai, kemudian diolah dengan uji t (t-test) dan dilanjutkan dengan effect size. Berdasarkan hasil penelitian, nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,05. Perolehan effect size sebesar 1,65 disimpulkan termasuk dalam kategori kuat, dengan demikian penggunaan permainan tradisional congklak untuk menstimulasi karakter jujur anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Kota Padang efektif digunakan

Keywords


Permainan Tradisional Congklak, Karakter Jujur, Anak Usia Dini

References


Djoko dan Anies. (2017). Kompendium PAUD (Memahami PAUD Secara Singkat). Depok: Prenada Media Group.

Annisa A, M. Z. (2019). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Dampak Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak di Kelompok Bermain Gugus I Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Potensia, 4 (1), 59-66.

Chairilsyah, D. (2016). Metode dan Teknik Mengajarkan Jujur Pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild, 5(1), 8-14.

Dewayani, S. (2016). Menumbuhkan Jujur Kepada Anak Sejak Dini. Jakarta: Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia.

Dharmamulya. (2016). Permainan Tradisional Jawa. Jakarta: Kencana.

Kurniati, E. (2017). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Anak. Jakarta: Kencana.

Lickona, T. (1991). Educating for Character. Yogyakarta: How Our School.

Marlina, S. (2016). Pengembangan Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. ICECE, 404-408.

Marlina, S., & Prasiska, R. (2017). Efektivitas Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Anak TK Baiturridha Padang Pariaman. Atlantis Press, 169, 220-223.

Marlina, S., Qalbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturridha Kabupaten Padang Pariaman. Ilmiah Potensia, 5(2), 83-90.

Mulyasa, H. E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurbiana, D. (2020). Panduan Penegerian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prawiro. (2023, Mei 6). Pengertian Jujur, Arti, Manfaat, Jenis, dan Contoh Perilaku Jujur. Retrieved from Maxmaroe: https://www.maxmaroe.com/vid/sosial

Samsinar, d. (2022). Pendidikan Karakter nak Usia Dini. Watampone: Akademia Pustaka.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Prakik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Sutarti, T. (2018). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Aksara Media Pratama.

Yani, H. (2022). Permainan Tradisional Anak Negeri. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.21005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Welli Mailona

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.