PROGRAM KEGIATAN BERMAIN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI TK IT FAJAR HIDAYAH INTEGRATED BOARDING SCHOOL ACEH

Authors

  • Herawati Herawati Dosen FKIP Universitas Ubudiyah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.2244

Keywords:

Program, Kegiatan Bermain, Kurikulum PAI.

Abstract

Kurikulum TK/RA dikenal juga dengan istilah program kegiatan bermain. Dalam pengembangan program kegiatan bermain bagi anak usia dini seharusnya sarat dengan aktivitas bermain yang mengutamakan adanya kebebasan bagi anak untuk bereksplorasi dan berkreativitas. Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bidang pengembangan dalam kurikulum TK/RA juga perlu diajarkan sesuai dengan psikologis dan dunia anak agar nilai-nilai dasar agama tersebut dapat membentuk sikap dan kepribadian anak secara permanen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program kegiatan bermain kurikulum PAI di TKIT Fajar Hidayah Integrated Boarding School Aceh. Program kegiatan bermain kurikulum PAI yang diinvestigasi pada penelitian ini adalah cakupan kurikulum, teknis pelaksanaan dan acuan pengembangan kurikulum PAI di TK/RA. Ketiga hal tersebut diinvestigasi melalui studi lapangan (field research). Hasil yang diperoleh berasal dari hasil pengamatan lembar observasi, jawaban lembar wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kurikulum PAI TK mencakup 3 komponen utama, yaitu: aqidah, akhlak dan ibadah dan Al-Quran; (2) teknis pelaksanaan kurikulum PAI disajikan melalui pendekatan yang menyenangkan dan disesuaikan dengan perkembangan diri anak secara individual seperti: bernyanyi, bermain, mengucapkan syair, pengenalan menulis dengan menggunakan media yang menarik atau menggunakan gambar sesuai dengan minat anak; dan (3) Pengembangan kurikulum PAI selaras dengan ketentuan Dinas Pendidikan Aceh dengan keunggulan pendidikan berbasis integrasi dalam setiap proses pembelajarannya.

Author Biography

  • Herawati Herawati, Dosen FKIP Universitas Ubudiyah Indonesia
    Dosen FKIP Universitas Ubudiyah Indonesia

References

Albrect, Kay dan Miller, Linda G. 2000. The Comprehensif Infant Curriculum.

Beltsville MD: Gryphon House Inc.

Anwar, Dessy. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia; Dilengkapi dengan Pedoman

Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan Untuk SD, SMP, SMA &

Umum. Surabaya: Amelia.

Daradjat, Zakiah. 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta:

Ruhama.

-----------------------. 1996. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

-----------------------. 1996. Ilmu Pendidikian Islam, Jakarta: Bumi Askara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1996. Program Kegiatan Belajar Taman

Kanak-kanak, Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1996. Metode Khusus Pengembangan

Kemampuan Berbahasa, Jakarta.

Muhaimin. 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah,

Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Muhammad Irsan, dkk. 2007. Training Games Islam Versi Outdoor; Temukan

Indahnya Islam Melalui Pembelajaran yang Menyenangkan & Menyentuh Qalbu di

Alam Terbuka. Jakarta Selatan: Elemen-T.

Nasution, S. 2009. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurani Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

Indeks.

Semiawan, Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar.

Jakarta: Indeks.

Sheppard, Philip. 2007. Music Makes Your Child Smarter; Peran Music dalam

Perkembangan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat

Publishing.

Wahyuddin, dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta:

Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yuliati, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta:

Indeks.

Published

2017-07-01

Issue

Section

Articles