PROGRAM KEGIATAN BERMAIN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI TK IT FAJAR HIDAYAH INTEGRATED BOARDING SCHOOL ACEH

Herawati Herawati

Abstract


Kurikulum TK/RA dikenal juga dengan istilah program kegiatan bermain. Dalam
pengembangan program kegiatan bermain bagi anak usia dini seharusnya sarat
dengan aktivitas bermain yang mengutamakan adanya kebebasan bagi anak
untuk bereksplorasi dan berkreativitas. Pendidikan Agama Islam sebagai salah
satu bidang pengembangan dalam kurikulum TK/RA juga perlu diajarkan sesuai
dengan psikologis dan dunia anak agar nilai-nilai dasar agama tersebut dapat
membentuk sikap dan kepribadian anak secara permanen. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan program kegiatan bermain kurikulum PAI di
TKIT Fajar Hidayah Integrated Boarding School Aceh. Program kegiatan bermain
kurikulum PAI yang diinvestigasi pada penelitian ini adalah cakupan kurikulum,
teknis pelaksanaan dan acuan pengembangan kurikulum PAI di TK/RA. Ketiga
hal tersebut diinvestigasi melalui studi lapangan (field research). Hasil yang
diperoleh berasal dari hasil pengamatan lembar observasi, jawaban lembar
wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
kurikulum PAI TK mencakup 3 komponen utama, yaitu: aqidah, akhlak dan
ibadah dan Al-Quran; (2) teknis pelaksanaan kurikulum PAI disajikan melalui
pendekatan yang menyenangkan dan disesuaikan dengan perkembangan diri
anak secara individual seperti: bernyanyi, bermain, mengucapkan syair,
pengenalan menulis dengan menggunakan media yang menarik atau
menggunakan gambar sesuai dengan minat anak; dan (3) Pengembangan
kurikulum PAI selaras dengan ketentuan Dinas Pendidikan Aceh dengan
keunggulan pendidikan berbasis integrasi dalam setiap proses pembelajarannya.

Keywords


Program, Kegiatan Bermain, Kurikulum PAI.

References


Albrect, Kay dan Miller, Linda G. 2000. The Comprehensif Infant Curriculum.

Beltsville MD: Gryphon House Inc.

Anwar, Dessy. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia; Dilengkapi dengan Pedoman

Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan Untuk SD, SMP, SMA &

Umum. Surabaya: Amelia.

Daradjat, Zakiah. 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta:

Ruhama.

-----------------------. 1996. Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

-----------------------. 1996. Ilmu Pendidikian Islam, Jakarta: Bumi Askara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1996. Program Kegiatan Belajar Taman

Kanak-kanak, Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1996. Metode Khusus Pengembangan

Kemampuan Berbahasa, Jakarta.

Muhaimin. 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah,

Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Muhammad Irsan, dkk. 2007. Training Games Islam Versi Outdoor; Temukan

Indahnya Islam Melalui Pembelajaran yang Menyenangkan & Menyentuh Qalbu di

Alam Terbuka. Jakarta Selatan: Elemen-T.

Nasution, S. 2009. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurani Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

Indeks.

Semiawan, Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar.

Jakarta: Indeks.

Sheppard, Philip. 2007. Music Makes Your Child Smarter; Peran Music dalam

Perkembangan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat

Publishing.

Wahyuddin, dkk. 2009. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta:

Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yuliati, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta:

Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.2244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.