URGENSI BIMBINGAN BELAJAR ANAK USIA DINI

Zikra Hayati

Abstract


Anak diharapkan dapat mencapai perkembangan yang optimal, baik mengembangkan bakat, minat, kreatifitasnya, kognitif, fisik sehingga anak menjadi individu yang diharapkan sukses pada masa yang akan datang. Perkembangan optimal kemungkinan besar dapat dicapai dengan bimbingan dan konseling ini, dengan cara: pertama, bimbingan konseling menggunakan teknik-teknik bantuan individual dan kelompok kecil. Teknik ini pembimbing menghadapi anak secara individual yang bermasalah atau memerlukan berupa bimbingan. Suasana masalah seperti ini, mungkin dari pihak pembimbing yang memulai dan dapat terjadi dari pihak anak yang menghadapi suatu masalah yang mengutarakan masalahnya kepada pembimbing untuk mendapatkan bantuan seperlunya. Program bimbingan berdaya guna dan berhasil guna dalam pelaksanaan pengajaran di kelas. Beberapa alasan: Bimbingan memberikan pelayanan dengan perbedaan individu para anak, Bimbingan turut berpengaruh terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak, Bimbingan membantu para siswa untuk meningkatkan perkembangannya dengan baik.

Keywords


Bimbingan Belajar, Anak Usia Dini.

References


Agustin, Mubiar. (2009). Model Konseling Kognitif-Perilaku Untuk Menangani. Kejenuhan Belajar Mahasiswa: Studi pengembangan model Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Chaplin, J.P (1972). Dictionary of Psychology. New York: Dell Publishing Co. Inc.

Arthur J. Jones, Buford Steffler dan Norman R.Stewart, (1970), Principles of Guidance [Arthur J. Jones] on Amazon.com. *FREE* shipping on qualifying offers. 1934. McGraw Hill., 456 Pages, 2lb. (Hardcover). Principles of Guidance by Arthur J. Jones. *Psychology Indoctrination Process

Dewa Ketut Sukardi. 1995. Proses Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Jakarta: Rineka.

Oemar Hamalik. (1990). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.

Skinner, B. F. 1996. Science and Human Behaviour. New York: McMillan S.

Syaodih, N. S, (2005), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

W. S. Winkel, (1985), Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah, Jakarta: PT. Gramedia.

Yusuf, S, (2007), Modul Pedagogik Pendidikan Dasar, SPS UPI, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.4514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.