URGENSI BIMBINGAN BELAJAR ANAK USIA DINI

Authors

  • Zikra Hayati Dosen PIAUD FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.4514

Keywords:

Bimbingan Belajar, Anak Usia Dini.

Abstract

Anak diharapkan dapat mencapai perkembangan yang optimal, baik mengembangkan bakat, minat, kreatifitasnya, kognitif, fisik sehingga anak menjadi individu yang diharapkan sukses pada masa yang akan datang. Perkembangan optimal kemungkinan besar dapat dicapai dengan bimbingan dan konseling ini, dengan cara: pertama, bimbingan konseling menggunakan teknik-teknik bantuan individual dan kelompok kecil. Teknik ini pembimbing menghadapi anak secara individual yang bermasalah atau memerlukan berupa bimbingan. Suasana masalah seperti ini, mungkin dari pihak pembimbing yang memulai dan dapat terjadi dari pihak anak yang menghadapi suatu masalah yang mengutarakan masalahnya kepada pembimbing untuk mendapatkan bantuan seperlunya. Program bimbingan berdaya guna dan berhasil guna dalam pelaksanaan pengajaran di kelas. Beberapa alasan: Bimbingan memberikan pelayanan dengan perbedaan individu para anak, Bimbingan turut berpengaruh terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak, Bimbingan membantu para siswa untuk meningkatkan perkembangannya dengan baik.

Author Biography

  • Zikra Hayati, Dosen PIAUD FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
    Dosen PIAUD FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

References

Agustin, Mubiar. (2009). Model Konseling Kognitif-Perilaku Untuk Menangani. Kejenuhan Belajar Mahasiswa: Studi pengembangan model Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Chaplin, J.P (1972). Dictionary of Psychology. New York: Dell Publishing Co. Inc.

Arthur J. Jones, Buford Steffler dan Norman R.Stewart, (1970), Principles of Guidance [Arthur J. Jones] on Amazon.com. *FREE* shipping on qualifying offers. 1934. McGraw Hill., 456 Pages, 2lb. (Hardcover). Principles of Guidance by Arthur J. Jones. *Psychology Indoctrination Process

Dewa Ketut Sukardi. 1995. Proses Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Jakarta: Rineka.

Oemar Hamalik. (1990). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.

Skinner, B. F. 1996. Science and Human Behaviour. New York: McMillan S.

Syaodih, N. S, (2005), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

W. S. Winkel, (1985), Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah, Jakarta: PT. Gramedia.

Yusuf, S, (2007), Modul Pedagogik Pendidikan Dasar, SPS UPI, Bandung

Published

2020-02-13