PROBLEMATIKA ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sukatin, Riccha Annafi’ah, Eva Choirunnisa,Ahmad Rohim, Irwan Sukri, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12253

Keywords:

Problematika Orang Tua, Daring, Pandemi

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai problematika orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah pada masa pandemi. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mencari tahu apa saja problematika yang menjadi kendala selama membimbing anak belajar dirumah, 2). Untuk mencari tahu solusi apa saja untuk mengatasi problematika orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah pada masa pandemi. Metode yang digunakan dalam peneltian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan teknik wawancara (field research). Hasil penelitian ini mengungkapkan berbagai problematika yang dialami orang tua selama proses belajar dirumah, mayoritas orang tua merasa kebijakan belajar dirumah memberatkan pihak orang tua dengan berbagai alasan seperti sulit mengatur waktu antara bekerja dan membimbing anak, sarana komunikasi yang tidak

Author Biography

  • Sukatin, Riccha Annafi’ah, Eva Choirunnisa,Ahmad Rohim, Irwan Sukri,, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari

    Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan
    Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari

References

Ahmadi Abu. (2008). Psikologi Sosial. Jakarta:Rineka Cipta. Cahyati Nika & Kusumah Rita. (202). Peran Orang Tua Dalam Membantu Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, Vol. 04 (1), 152-159. Fadila Annisa Nurul, Relawati Ayu Suci & Ratnaningsih Nani. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, Vol.1(2), 48-60. J. William & Goode. (2004). Sosiologi Keluarga. Jakarta:Bumi Aksara K.N. Novrinda & Yulidesni. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, Volume 2 (1), 39-46 Kemendikbud. (2020). Sikapi Covid-19, Kemendikbud Terbitkan Dua Surat Edaran. Diperoleh dari www.kemendikbud.go.id. M. Friedman. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga. Jakarta:EGC. Mujib Abdul. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:Kencana. Nurhadi. (2009). Mengenal Lingkungan Sekitar. Jakarta:CV. Citra Praya. Pohan Albert Efendi. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Porwodadi:CV. Samu Untung. Setiawati. (2008). Penuntun PraktisAsuhan Keperawatan Keluarga. Jakarta:Trans Info Media. Setyawan Ebta. (2010). KBBI Offline (Versi 1.1). Diperoleh dari www.wbaoft.web.id Soekanto Soerjono. (2009). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:Raja Grafindo Persada. Sudarma Momon & Duraring Daring. (2021). Belajar Dari Rumah Strategi Jitu Guru, Orang Tua dan Siswa di Masa Pandemi. Jakarta:PT Alex Media Komputindo. Tampubolon Rina Anggita, Suwarni Woro & Utomo Udi. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu, Vol. 5(5), 3125 – 3133. Waruwu Mrinus. (2020). Studi Evaluatif Implementasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Pendidikan, volume 27..

Wegasari Kurnia, Utomo Slamet & Surachmi Sri. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SDN Cabean 3 Demak. Jurnal Penelitian, Volume 15 (1), 27-50. Yuliana Riski. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Fasilitas Penunjang Terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa(Studi Kasus Pada Guru SDN 13/1 Muara Bulian, Jurnal Lipnas, Vol. 3(2), 1-18.

Published

2022-01-19