PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN IMAJINASI TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Azhari Azhari Mahasiswa PPs UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1323

Keywords:

Guru, Imajinasi, Keterampilan Bercerita

Abstract

Keterampilan berbahasa seorang anak harus diarahkan dan bina secak usia anak dini, kemampuan berbahasa seseorang menunjukkan kecerdasanya dalam mengungkapkan kata-kata dan kalimat-kalimat tersentu secara teratur dan tepat. Kemampuan bercerita anak dipengaruhi oleh kemampuan dasar imajinasi anak tersebut, setiap anak memiliki kemampuan imajinasi yang bervariasi, maka secara psikologis guru harus mampu membina dan mengembangkan kemampuan dasar imajinasi anak agar dapat mencerdaskan anak tersebut dalam berpikir dan menuangkan imajinasinya ke dalam hal-hal yang positif. Melalui tulisan ini ingin diungkapkan bagaimana peran guru dalam mengembangkan imajinasi anak dalam bercerita, dan bagaimana peran guru untuk mengasah kemampuan anak dalam bercerita Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan imanisi anak, mengasah kemampuan anak agar mampu bercerita melalui imanisi yang ada, penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat sangat menentukan keberhasilan guru dalam mengembangkan kemampuan bercerita anak usia dini. Guru dapat menggunakan metode yang bersesuaian dengan media yang diterapkan, dalam menembangkan imajinasi anak untuk bercerita guru dapat menggunakan media visua berupa gambar dan media audio visual berupa film kartun yang bernuansa Islami.

Author Biography

  • Azhari Azhari, Mahasiswa PPs UIN Ar-Raniry Banda Aceh
    Mahasiswa PPs UIN Ar-Raniry Banda Aceh

References

Arief, Armai Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Isalm, Jakarta: Ciputat

Press, 2002

Arsyad, Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yokyakarta: Pustaka

Pelajar, 2010

., Media Pembelajaran, ( Jakarta: Raja Grafindo Persad, 2009

B. Uno, Hamzah, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi

Aksara, 2009

Gulo, W Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo, 2008

Sadiman, Arief S Media Pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatanya,

Jakarta: Grasindo Persada,2008

Santana, K, Setiawan Menulis ilmiah: metode penelitian kualitatif,Jakarta: Yayasan

Obor Indonesia, 2007

Sudomo, Anggani, Sumber Belajar dan Alat Permaian,( Untuk Pendidikan Anak

Usia Dini, Jakarta; Grasindo, 2000

Susilana, Rudi Media Pembelajaran, hakikat, pengembangan, dan penilaian Bandung:

Wacana Prima

Tarigan, Djago Teknik Pengajaran Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2003

Musfirah, Taqdiraatul, Menumbuhkembangkan Baca-tulis anak Usia Dini, Jakarta:

Grasindo, 2009

Downloads

Published

2017-04-07

Issue

Section

Articles