PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Hijriati Hijriati Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i1.2046

Keywords:

Model pembelajaran, Perkembangan, Anak usia dini.

Abstract

Artikel ini membahas tentang model pembelajaran yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri anak. Adapun komponen model pembelajaran meliputi: konsep, tujuan pembelajaran, materi/tema, langkah-langkah/prosedur, metode, alat/sumber belajar, dan teknik evaluasi. Ada beberapa model pembelajaran yang dilaksanakan di Pendidikan Anak Usia Dini, diantaranya adalah Model Pembelajaran Klasikal, Model Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning), Model Pembelajaran Area, Model Pembelajaran Berdasarkan Sudut-sudut Kegiatan, dan Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centre and Circle Time). Proses pembelajaran akan berlangsung lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan jika guru dan siswa saling bekerja sama untuk kualitas pembelajaran yang dapat ditingkatkan ke arah yang lebih baik.

Author Biography

  • Hijriati Hijriati, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
    Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

References

Asmani, Jamal Ma’mur, Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini, (Jogjakarta: DIVA Press, 2009.

Dwilestari Ninin, dkk. Penelitian Kualitatif: Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset, 2012.

Fadlillah, M, dkk, Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini (Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan), Jakarta, PT Fajar Interpratama Mandiri, 2014.

Fadlillah, Muhammad.Desain Pembelajaran PAUD (Tinjauan Teoritik dan Praktik), (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media), 2012.

Fattah Nanang, Analisis Kebijakan Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset), 2013.

Gunawan Ary, Kebijakan-Kebijakan Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: BINA) AKSARA, 1986.

Irianto, Yoyon Bahtiar, Kebijakan Pembaruan Pendidikan (Konsep, Teori, dan Model), (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada), 2012.

Rusman, Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada), 2013.

Septiriawati, Model-Model-Pembelajaran-Area-Paud, wordpress.com, artikel area-paud.

S. Marisson, George.Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edisi Kelima, (Jakarta Barat: PT Indeks), 2012.

Sujiono Yuliani Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Indeks), 2009.

Suyadi, Manajemen PAUD (Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan PAUD), (Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR), 2011.

Syahrudin, Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) IGRA, Kab. Ponorogo, 2014.

Yus, Anita, Model Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group), 2011.

Downloads

Published

2017-10-26