PRINSIP DAN KONSEP PERMAINAN MATEMATIKA BAGI ANAK USIA DINI

Authors

  • Lisa Lisa Dosen Program StudI Tadris Matematika STAIN Malikussaleh Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i1.2047

Keywords:

Prinsip, Konsep, Anak Usia Dini

Abstract

Pola pembelajaran pada anak usia dini saat ini cenderung berorientasi akademik dan menganggap bahwa konsep-konsep yang ada pada diri anak tidak berkembang secara spontan melainkan harus ditanamkan dan diserap oleh anak melalui perlakuan orang dewasa, dimana guru adalah subjek dan anak adalah objek dari proses pembelajaran. Untuk mengatasi ini perlu adanya prinsip dan konsep permainan matematika bagi anak usia dini. Prinsip-Prinsip Permainan Matematika Anak Usia Dini (1) Permainan matematika di berikan secara bertahap, (2) Pengetahuan dan keterampilan pada permainan matematika diberikan secara bertahap menurut tingkat kesukaranya, (3) anak-anak diberi kesempatan berpartispasi dan dirangsang untuk menyelesaikan masalah-masalahnya sendiri. (4) suasana menyenangkan dan memberikan rasa aman serta kebebasan bagi anak. Konsep Permainan Matematika Anak Usia Dini (1) Konsep Angka (2) Konsep Pola dan Hubungan (3) Konsep Hubungan Geometri dan Ruang, (4) Konsep Memilih dan Mengelompokan, (5) Konsep Pengukuran.

Author Biography

  • Lisa Lisa, Dosen Program StudI Tadris Matematika STAIN Malikussaleh Lhokseumawe
    Dosen Program StudI Tadris Matematika STAIN Malikussaleh Lhokseumawe

References

Ace Suryadi (2007), Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Jurnal pendidikan terbuka dan Jarak Jauh 8 (3)

Adiningsih, N. U. 2008. Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis. Bandung: Semesta Parenting.

Hurlock,E.B.(1993). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga

Lestari KW. 2011. Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan Nasional.

Piaget, Jean, & Barbel Inhelder (2010) ,Psikologi Anak,Terj. Miftahul Jannah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Cet. 1

Seldin, Tim. (2007). How to Raise an Amazing Child; The Montessori Way to Bring up Caring, Confident Children. Dorling Kindersley: Penguin Company

Semiawan (2007), Metode Penelitian Kualitatif.Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia,

Sriningsih, N. (2009). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini.Bandung: Pustaka Sebelas

Downloads

Published

2017-10-26