PENGARUH MEMBATIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH KURAITAJI
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i1.6365Keywords:
Membatik, kemampuan motorik halusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membatik terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Kuraitaji. Kegiatan pengembangan motorik halus ditemukan dilapangan cenderung kepada kegiatan menggambar dan mewarnai. Oleh karena itu, melalui membatik ini peneliti ingin melihat bagaimana perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kuraitaji. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan bentuk Quasi Eksperiment. Populasi merupakan seluruh murid Paud Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kuraitaji berjumlah 32 orang yaitu kelompok B1, B2, B3. Kelompok B1 di jadikan sampel eksperimen dan B2 sampel kontrol masing-masing berjumlah 10 orang, teknik pengambilan sampel digunakan Cluster Sampling. Dan adapun teknik pengambilan data digunakan tes yang dibuat guru seperti pernyataan sebanyak 3 buah pernyataan serta pengumpulan data berupa lembar pernyataan dalam bentuk kisi-kisi instrumen. Hasil uji perbedaan di dapat rata-rata eksperimen sebanyak 79,99 sedangkan kontrol 70,83. Ditarik simpulan ada pengaruh signifikan dari kegiatan membatik terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kuraitaji.References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Eliza, D. 2013. Penerapan model pembelajaran kontekstual learning (CTL) berbasis centra di taman kanak-kanak. FIP UNP: Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Ikawati, dkk. 2017. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah Iii Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2 (2), Hal 91-94. http://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/1970
Ismail, Andang. 2012. Education GAMES (cetakan ke 2). Yogyakarta. Pro-U Media
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuntitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryana, Dadan. 2016. Stimulasi & Aspek perkembangan anak. Kencana: Padang
Triharsono, Agung. 2013. Permainan kreatif & edukatif untuk anak usia dini. Yogyakarta: ANDI
Wulandari & Khotimah. 2016. Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pita di kelompok A. jurnalmahasiswa.unesa.ac.id, 5(1), Hal 1-7
Yawinda, Y, & Mayar, F. 2018. Pengembangan bahan pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi bagi guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten
Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(2), November 2018, Hal 13.