Pola Asuh; Teknologi; Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6386Keywords:
POLA ASUH ORANGTUA DI ERA TEKNOLOGI DIGITAL DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 29 PADANGAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam mendidik anak di era teknologi digital di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif, yaitu menggambarkan tentang pola asuh orang tua dalam mendidik anak di era teknologi digital di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh orang tua yang anaknya bersekolah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang yang berjumlah 73 Orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua (ayah dan ibu) yang anaknya bersekolah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 padang yang berjumlah 146 Orang. Penelitian ini diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus s/d 26 Agustus 2019. Instrumen penelitian ini adalah angket model pilihan ganda. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Hasil penelitian menyatakan bahwa orang tua di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang menggunakan pola Asuh Otoriter, yang dilihat berdasarkan persentase keseluruhan jawaban orang tua yaitu otoriter sebanyak 59%, pola asuh demokrasi sebanyak 15%, pola asuh permisif sebanyak 26% di era teknologi digital.References
Ananda, Rizka. (2012). Tips Menbentuk karakter Pasif Anak. Yogyakarta: Akmal
Publishing.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Aslan. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua di era Teknologi Digital. Jurnal
Studia : Volume VII No 1
Dhahir, Dharman Fauzan. (2018). Pola Asuh Penggunaan Internet di Kalangan
Anak-anak Indonesia. Jurnal Pekommas : Vol.3 N0.2.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam
keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Eliza, Delfi. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL)
Berbasis Sentra Di Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Ilmu pendidikan,
Vol 13 (2).
Hadiswantoro, Yusak. (2012). Anda Orang Tua Bodoh atau Pintar?. Yogyakarta:
Andi.
Juniarti R,dkk, dkk. (2019). Stimulasi Guru Pada Motorik Kasar Anak Taman
Kanak-Kanak Di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini Volume 3 No 1
Rahmad, Stephanus Turibius. (2018). Pola Asuh Efektif Untuk Mendidik Anak Di
Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nissio.Volume X (2), 2.