PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BRUSH PAINTING DI TK IT BAITUSSHALIHIN ULEE KARENG BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9285Keywords:
Motorik Halus, Brush PaintingAbstract
Brush painting merupakan salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Kegiatan brush painting melibatkan jari tangan dan koordinasi mata. Proses pembelajaran di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh ditemukan bahwa kemampuan motorik halus anak masih kurang optimal. Anak masih kesulitan saat memegang krayon dan masih belum rapi dalam mewarnai gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan brush painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Penelitian ini merupakan pre-eksperimental desain dengan rancangan one group pre-test post-test design. Sampel penelitian adalah anak kelompok A1 yang berjumlah 15 anak. Berdasarkan perhitungan nilai pre-test 5.2 dan post-test 9.2 pada kelas eksperimen, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan brush painting dapat meningkatkan motorik halus anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.References
Ari Wulandari, dkk, (2015), Penerapan Metode Demontrasi Berbantuan
Media Bahan Alam dengan Teknik Mencetak untuk Meningkatkan
Perkembangan Motorik Halus pada Anak Kelompok B TK Ganesha
Denpasar, e-Journal PG-PAUD, Volume 3, No 1.
Anas Sudijono, (2006), Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Rajawali).
Binti Eny Zul Afiah, (2018), Meningkatkan Kemampuan Seni melalui
Kegiatan Mewarnai dengan Teknik Paint Brush Kelompok B di TK
Dharma Wanita Plus Desa Singkalanyar, Artikel Pendidikan Usia
Dini.
Effi Kumala Sari, (2012), Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak
melalui Kegiatan Kolase dari Bahan Bekas di Taman Kanak-Kanak
Aisyiyah Simpang IV Agam, Jurnal PAUD, Vol, 1, No. 1.
Johni Dimyanti, (2013) Metode Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), (Jakarta: Kencana).
Mulyasa, (2012), Manajemen PAUD, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya).
Selia Dwi Kurnia, (2015), Pengaruh Kegiatan Painting dan Keterampilan
Motorik Halus terhadap Kreativitas Anak Usia Dini dalam Seni
Lukis, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol 9 Edisi 2.
Sudjana, Metode statistika, (Bandung: Tarsito).16
Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta).
Suharsimi Arikunto, (2010), Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi
Aksar).
Suyadi, (2015), Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, (Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya).