ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SMK KABUPATEN ACEH BESAR

Ade Wanti, Khairan AR, Andika Prajana

Abstract


Teknologi informasi  memberi  pengaruh  besar  terhadap aktifitas pada sektor pendidikan diantaranya pada pendidikann sekolah menengah atas maupun tingkat pendidkan tinggi. Pemanfaatan teknologi informasi dengan bijak, dapat memberikan dampak yang baik untuk masyarakat, seperti bagi tenaga pendidik. Sehingga, seorang pendidik harus dapat memahami penggunaan teknologi informasi ketika melakukan proses belajar mengajar di kelas. Oleh sebab itu, penelitian ini bermaksud melihat pemahaman guru terhadap penggunaan teknologi informasi di tiga sekolah menengah kejuruan (SMK) di Aceh. Observasi dan penyebaran angket adalah dua langkah pengumpulan datapada penelitian ini. Hasil yang didapat kemudian dianalisis dengan program SPSS versi 22.0. Uji yang penulis lakukan untuk penelitian ini diantaranya adalah uji validitas, reliablitas, normalitas, dan uji korelasi yang bertujuan untuk melihat hubungan variabel-variabel yang penulis teliti. Hasil penelitian didapat bahwa, tingkat pemahaman penggunaaan teknologi informasi pada tiga sekolah kurang baik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Keywords


Teknologi, Informasi,Pendidik, Tingkat Pemahaman

Full Text:

PDF

References


A. Prajana, “Persepsi Dosen Terhadap Layanan Aplikasi E-LKD UIN Ar-Raniry dengan menggunkan Teknologi Acceptance Model (TAM),” Pus. Penelit. dan Penertiban Lemb. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., 2012.

Musfiqon, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012.

C. Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2014.

A. Mudlofir, Pendidik Profesional: Konsep Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Jakarta: Raja Wali Pers, 2013.

E. Puspitasari, “Pemetaan Kemampuan Guru Paud dalam melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini,” SOROT, vol. 8, 2013.

B. Warsita, Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka, 2008.

“R & D ) / Sugiyono Metode penelitian bisnis ( pendekatan kuantitatif , kualitatif dan R & D ) / Sugiyono Metode penelitian pendidikan ( Pendekatan kuatintatif , kualitatif dan R & D ) / Sugiyono,” p. 2013, 2013.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v3i2.6281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ade Wanti, Khairan AR, Andika Prajana

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.