INOVASI PEMBELAJARAN: MEMBANGUN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS DASAR MELALUI PERANCANGAN APLIKASI MEDIA INTERAKTIF

Penulis

  • Nurrisma Nurrisma Ar-Raniry State Islamic University
  • Syauqi Abdillah
  • Nurrizqa Nurrizqa

DOI:

https://doi.org/10.22373/cj.v8i1.22771

Kata Kunci:

perancangan, media interaktif, bahasa inggris, minat belajar, inovasi pembelajaran

Abstrak

Kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi kunci penting dalam era globalisasi, memainkan peran vital dalam komunikasi lintas budaya, teknologi, dan sektor-sektor penting lainnya. Namun, kekurangan dalam penguasaan bahasa Inggris sering kali menyebabkan penurunan minat belajar siswa, serta menurunkan prestasi akademis dalam pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta mengevaluasi efektivitas Media Interaktif sebagai alat pengenalan Bahasa Inggris Dasar dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian ini mengadopsi pendekatan Research and Development dengan pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif untuk memperkenalkan Bahasa Inggris Dasar berhasil meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Skor rata-rata minat belajar siswa mencapai 42,3, menunjukkan peningkatan sebesar 96,1% dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa.

Biografi Penulis

  • Nurrisma Nurrisma, Ar-Raniry State Islamic University

    Google Scholar :

    https://scholar.google.co.id/citations?hl=en&user=vxU3py0AAAAJ&view_op=list_works&gmla=ABEO0YriW2-2-zMP2kCAUzVA4vF3zODZkUv19k5UGy22qhJdwFhvOShUQCuR3il9eAOciLyUUSjicOu2roiJsx_6

     

    Cv :

    https://drive.google.com/file/d/1ByxDsKEax17x59i4vdZz-cZ7S1MT9CVC/view?usp=share_link

File Tambahan

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Articles