ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA BERSERTIFIKAT PENDIDIK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) DI KABUPATEN ACEH BARAT

Hafriani Hafriani

Abstract


Sertifikasiguru merupakan proses pemberian sertifikatpendidik kepada guru.Sertifikatpendidikdiberikankepadaguruyang telahmemenuhistandar profesi dan kompetensi guru. Kompetensiguru merupakan seperangkat kemampuanyang harusada dalamdiriguruagardapatmewujudkankinerjanya secaratepat  dan  efektif. Kompetensi  tersebut  meliputi  kompetensi  pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.Berdasarkan wawancara dengan kepala Dinas Pendidikan Meulaboh diperoleh keterangan bahwa guru kurang aktif dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dalam berinteraksi dengan orang tua peserta didik. Adanya sertifikasi diharapkan kinerja guru akan menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikasi terhadap kinerja guru. MIN di Kabupaten Aceh Barat. Subjekdalampenelitianiniberjumlah14 orang guru dari 7 Madrasah Ibtidaiyah Negeri.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif.Teknikpengumpulan data menggunakanLembar observasi kemampuan guru mengajardan angkettertutupdengan skalalikert4, yang dianalisis dengan menggunaan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada saat dilakukan pembelajaran pada materi dengan model pembelajaran kooperatif berada pada kategori tidak baik hanya satu guru yang berada pada kategori baik yaitu 89,47% dan Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif positif. Berdasarkan   hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru yang sudah mendapat sertifikasi tidak semuanya aktif dan profesional dalam mengelola pembelajaran. Disarankan kepada guru bersertifikat pendidik agar selalu meningkatkan kinerjanya dengan berlandaskan pada kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial, sehingga terciptalah keseimbangan antara hak dan kewajibannya.

Keywords


Analisis Kompetensi; Profesional Guru; Bersertifikat Pendidik.

Full Text:

PDF

References


Bambang Heru Purwanto Dkk,, Peningkatan Keprofesionalan Guru Bersertifikat Pendidik di Yayasan Pasundan Kota Administratif Cimahi, Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 18, No. 1, April 2013.

Fatifatul, Diana. 2013. Sertifikasi Guru Jalur PLPG. Online. http//dianafatihatul.blogspot.com/2013/02/sertifikasi-guru-jalur- plpgdan.html. Diakses tanggal 25/01/2015.

Kunandar. Guru ProfesionalImplementasiKurikulumTingkat Satuan Pembelajaran(KTSP) danSuksesdalamSertifikasi Guru. Jakarta: PT.Rajawali Pers, 2011.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitain Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda karya. 1997.

Lili Ng Chui Mi, Meningkatkan Kemampuan Guru Yang Telah Disertifikasi Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Vo. 2, No. 1 tahun 2010, hal 275.

Mulyasa,E. Standar Kompetensidan Sertifikasi Guru.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Nawawi, Hadari, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Jakarta: Haji Agung, 1989.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi

Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Online. http://www.scribd.com/doc/190713551/Permendiknas-16-Tahun-2007-Standar-Kompetensi-Guru#scribd. Diakses tanggal 25/01/2015

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007. Online. http://hukum.unsrat.ac.id/men/mendiknas_18_2007.pdf.Diakses tanggal

/01/2015

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Online. www.ahmadsudrajat.wordpress.com. Diakses tanggal20/01/2015

Retnita Ernayani Lubis Dkk,Analisis Kompetensi Guru Biologi SMA Yang Sudah Lulus Sertifikasi Di Kota Medan, Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 18, No. 1, April 2013

Rifa’i,AchmaddanCatharina TriAnni. PsikologiPendidikan.Semarang: UNNES Press, 2011.

Surachmad, Winarno, Metodologi Pengajaran Nasional, Bandung: Jemmars,1979.

Sudjana, Metode Statistik, Bandung: Tarsito, 2002.

Sukmadinata, Syaodih Nan. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Supardi. Kinerja Guru. Jakarta: GramediaPustakaUtama, 2013.

Suyatno. PanduanSertifikasi Guru. Jakarta:Indeks, 2008.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Depdiknas.

Undang-UndangRepublikIndonesiaNo.14Tahun2005tentangGurudanDosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim penyusun buku panduan Sertifikasi

Uzer Usman, Muhd. 1990. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya,

Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Dan Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group

Wahyudi,KalvinEdodkk,MeasuringPerformanceofTeacherCertifcation Program.InternationalJournalof AdministrativeScience&Organization. 19 (3). 154. Online. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/3335/baca-artikel. Diakses tanggal 20/01/2015

Widoyoko, Eko Putro. TeknikPenyusunanInstrumenPenelitian. Jakarta: PustakaPelajar, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v20i1.3856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Didaktika

Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran

 


All works are licensed under CC-BY

Statistik Pengunjung

© Jurnal Ilmiah Didaktika 2019. Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry; All rights reserved.
This website has been viewed hit counter website times.
 
 
Indexed by: