Model Sekolah Ramah Anak Berbasis Islam Pada Tingkat Raudhatul Athfal di Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk sekolah ramah anak berbasis Islam yang diimplementasikan pada Raudhatul Athfal Pidie Aceh. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Indikador yang digunakan berdasarkan pada delapan standar nasional pendidikan dengan memasukkan nilai-nilai islami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Raudhatul Athfal di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh belum sepenuhnya mengimplementasi sekolah ramah anak berbasis Islam. Raudhatul Athfal (RA) al-Istiqomah, yang memenuhi adalah Standar Isi 80%, Standar Proses 80%, Standar Lulusan Islami 88.89%, Standar Pendidik dan tenaga kependidikan 91.67% serta Standar Penilaian 85.71%. Sedangkan pada Raudhatul Athfal Darul Iman yang memenuhi Standar Isi adalah Standar Lulusan 100% dan standar proses 86.36%.
Full Text:
PDFReferences
David Setyawan. Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Tiap TahunMeningkat. Diakses pada hari Kamis, 28 Januari 2016 pukul 20.45 WIB di: http://www.kpai.go.id/berita/kpai-pelaku-kekerasan-terhadap-anak-tiaptahun-meningkat/, 2015
Farida Ulyani. Ekologi Bimbingan Karakter Islami Ramah Anak Di Tk Khas Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal,
John Creswell. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.2006
Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2006
Novan Ardy Wiyani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta. 2013
Saminan Ismail. . Budaya Sekolah Islami. Bandung: Rizqi Press. 2013
Sugiono. . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alphabeta. 2013
Suharsimi Arikunto. . Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta. 2010
Tohirin. . Psikologi Pembelajaran Pendidikan agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2005
Unesco. . Child Frendly School. New York : Unicef Division of Communition.n2009
UNICEF, Perlindungan Anak, Diakses 22 Mei 2017, Diakses 20 Mei 2017, https://www.unicef.org/indonesia/id/protection, Jurnal. 2017
Uray Iskandar. . Pengertian dan Standar Sekolah Sehat. Diakses Pada hari Kamis, 25 Februari 2016 pukul 19.44 di:http://urayiskandar.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-dan-standar-sekolahsehat.html?m=1 Jurnal 2015
Yusi Riksa Yustiana. Pengembangan Model Sekolah Ramah Anak: Impelementasi Pendekatan Restorative Justice dalam Menangani Peserta Didik yang Melakukan Pelanggaran Aturan Sekolah. Jurnal
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v20i1.3893
Refbacks
- There are currently no refbacks.
except where otherwise noted.