Model Sekolah Ramah Anak Berbasis Islam Pada Tingkat Raudhatul Athfal di Aceh

Heliati Fajriah Fajriah, Zikra Hayati, Herawati Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk sekolah ramah anak berbasis Islam yang diimplementasikan pada Raudhatul Athfal Pidie Aceh. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Indikador yang digunakan berdasarkan pada delapan standar nasional pendidikan dengan memasukkan nilai-nilai islami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Raudhatul Athfal di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh belum sepenuhnya mengimplementasi sekolah ramah anak berbasis Islam. Raudhatul Athfal (RA) al-Istiqomah, yang memenuhi adalah Standar Isi 80%, Standar Proses 80%, Standar Lulusan Islami 88.89%, Standar Pendidik dan tenaga kependidikan 91.67% serta Standar Penilaian 85.71%. Sedangkan pada Raudhatul Athfal Darul Iman yang memenuhi Standar Isi adalah Standar Lulusan 100% dan standar proses 86.36%.


Full Text:

PDF

References


David Setyawan. Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Tiap TahunMeningkat. Diakses pada hari Kamis, 28 Januari 2016 pukul 20.45 WIB di: http://www.kpai.go.id/berita/kpai-pelaku-kekerasan-terhadap-anak-tiaptahun-meningkat/, 2015

Farida Ulyani. Ekologi Bimbingan Karakter Islami Ramah Anak Di Tk Khas Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal,

John Creswell. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.2006

Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2006

Novan Ardy Wiyani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta. 2013

Saminan Ismail. . Budaya Sekolah Islami. Bandung: Rizqi Press. 2013

Sugiono. . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alphabeta. 2013

Suharsimi Arikunto. . Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta. 2010

Tohirin. . Psikologi Pembelajaran Pendidikan agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2005

Unesco. . Child Frendly School. New York : Unicef Division of Communition.n2009

UNICEF, Perlindungan Anak, Diakses 22 Mei 2017, Diakses 20 Mei 2017, https://www.unicef.org/indonesia/id/protection, Jurnal. 2017

Uray Iskandar. . Pengertian dan Standar Sekolah Sehat. Diakses Pada hari Kamis, 25 Februari 2016 pukul 19.44 di:http://urayiskandar.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-dan-standar-sekolahsehat.html?m=1 Jurnal 2015

Yusi Riksa Yustiana. Pengembangan Model Sekolah Ramah Anak: Impelementasi Pendekatan Restorative Justice dalam Menangani Peserta Didik yang Melakukan Pelanggaran Aturan Sekolah. Jurnal




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v20i1.3893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

This journal has been indexed by:
 
CopernicusGoogle ScholarSinta 3DOAJMorarefGarudaCrossRef WorldCatBASE
 DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
except where otherwise noted.