MANUSIA DAN PENDIDIKAN MENURUT PEMIKIRAN IBN KHALDUN DAN JOHN DEWEY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Jumbulati, ‘Ali dan ‘Abd al-Futūḥ al-Tuwanisi, Perbandingan Pendidikan Islam, terj. M. Arifin, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1994.
Al-SyaybÄnÄ«, Omar Muhammad al-Toumy, Filsafat Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Asdi, Endang Daruni dan A. Husna Aksara, Filsuf-Filsuf Dunia dalam Gambar, Yogyakarta: Karya Kencana, 1982.
Assegaf, Abdurrahman dan Suyadi, Pendidikan Islam Madzhab Kritis, Perbandingan Teori Pendidikan Timur dan Barat, Yogyakarta: Gama Media, 2008.
Barnadib, Imam, Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode, Yogyakarta: Yasbit, FIP IKIP, 1994.
Dewey, John, Democracy and Education, New York: Dover Publication Inc., 2004.
Dewey, John, Experience And Education, terj. John De Santo, New York: Colliers Books, 1996.
Dewey, John, How We Think, Boston: D.C. Heath and Co. 1933
___________, Perihal Kemerdekaan dan Kebudayaan, Jakarta: Saksama, 1955, terj. E. M. Aritonang.
Fahmi, Asma Hasan, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1989.
Henderson, S.v.P., Introduction to Philosophy of Education, Chicago: University of Chicago Press, 1959.
Iman, Muis Saad, Pendidikan Partisipatif: Menimbang Konsep Fitrah dan Progresivisme John Dewey, Yogyakarta, Safiria Insani Press, 2004.
Jum’ah, Luthfi, TÄrÄ«kh al-FalÄsifah al-IslÄmÄ« fÄ« al-Masyriq wa al-Maqhrib, Mesir: ‘Ayn Syams, t.t.
KhaldÅ«n, Ibn, Muqaddimah., t.tp.: DÄr al-BayÄn, t.t.
__________, Muqaddimah Ibn Khaldūn, terj. Ahmadie Thoha, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005.
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: PT. Al Husna Zikra, 1995.
Mahdi, Muhsin, Ibn Khaldūn Philosophy of History, Chicago: The University of Chicago Press, 1971.
Sadullah, Uyoh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2003
Suharto, Toto, Filsafat Pendidikan Islam, Yogjakarta: Ar-Ruzz, 2006.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
Sunarto, dan Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.
Suparlan, Y.B., Aliran-Aliran Baru Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset, 1984.
Walidin, Warul AK, Konstelasi Pemikiran Pedagogik Ibn Khaldūn Perspektif Pendidikan Modern, Lhokseumawe: Nadiya Foundation, 2003.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v15i2.582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
except where otherwise noted.