ANALISIS GENERIC LIFE SKILLS MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 08 PONTIANAK

Rauda Rauda, Arif Didik Kurniawan, Anandita Eka Setiadi

Abstract


Sekolah Menengah Atas Negeri 08 Pontianak telah menerapkan prinsip-prinsip kecakapan hidup dalam proses pembelajaran biologi, namun dalam penerapannya belum mendapatkan hasil yang maksimal. Diperlukan suatu metode agar kecakapan hidup dapat dikembangkan, salah satunya melalui model problem based learning. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kecakapan hidup general siswa pada pembelajaran sistem gerak di kelas XI dengan model Problem Based Learning. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan jenis pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari angket, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan kecakapan hidup general di kelas XI Lina (Lintas Minat) terkategori Baik dengan rata-rata sebesar 70%. Kecakapan hidup general yang muncul saat pembelajaran PBL adalah Kecakapan spiritual berupa penghayatan diri sebagai makhluk tuhan sebesar 82%, kecakapan potensi berupa menyadari kelebihan yang dimiliki dan percaya diri sebesar 68%, kecakapan berfikir yaitu menggali informasi, menemukan, mengelola, dan mengambil keputusan sebesar 69%, kecakapan komunikasi berupa mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis sebesar 69%, kecakapan bekerjasama berupa tanggung jawab sebesar 73%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kecakapan hidup general siswa setelah diajarkan dengan menggunakan PBL yaitu siswa merasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan, siswa menyadari kelebihan dan kekurangan fisik yang dimiliki, kemudian siswa berfikir untuk menyelesaikan kasus permasalahan yang diberikan, berkomunikasi dan bekerjasama ketika berinteraksi antar sesama dalam satu kelompok.


Keywords


Kecakapan Hidup General, Problem Based Learnin, Kecakapan Spiritual, Kecakapan Potensi, Kecakapan Berfikir

References


A.D Kurniawan, “Metode Inkuiri Terbimbing Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Smp”, Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 2(1), 2013.

Alfa, I.A.M, Dkk., “Analisis Kecakapan Hidup Spesifik (Specific Life Skills) Siswa Pada Pembelajaran Ipa Sub Materi Ginjal”, Artikel Jurnal Pendidikan, 4(1), 2016.

Andri Anugrahana, Integrasi Kecakapan Hidup Siswa Melalui Pengalaman Belajar Matematika Konteks Dunia Nyata Siswa Di Sekolah Dasar, Prosiding, 2012.

Anwar, Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta, 2004.

Dini Pebriana Harahab dkk., “Pengembangan Lks Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Sma Kelas Xi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia”, Bioedu. 1(2), 2012.

Dyah Setiorini, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kecakapan Hidup (Life-Skill) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di Smk Negeri 1 Nganjuk”, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 5(2), 2016, hal. 445-452.

Elia Flurentin, “Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) dan Kaitannya dengan Penumbuhan Karakter”, Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, 2012.

Emilia D Pelipa, dan Anna Marganingsih, “Pengaruh Praktik Kerja Terhadap Kemampuan Life Skill Mahasiswa” Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3 (2), 2018.

Ganung Anggraeni, Pendidikan Kecakapam Hidup, Yogyakarta: PPPPTK Matematika Yogyakarta, 2009.

Markus Iyus Supiandi, “Hendrikus Julung. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA”, Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 2016.

Mujakir, “Pengembangan Life Skill Dalam Pembelajaran Sains”, Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 2012.

Nur Khoiri dkk., “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Life Skill Untuk Meningkatkan Minat Kewirausahaan Siswa”, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7: 2011.

Retno Kusuma Ningrum, Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Problem Based Learning berbasis Flexible Mathematical Thinking, Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, hal. 214.

Riswan Jaenudin Rahmadan., R, Dan Ikbal Barlian, “Analisis Kecakapan Hidup Siswa pada Pembelajaran Ekonomi Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 15 Palembang”, Jurnal Profit, 3 (1), 2016.

sabar Nurohman, “Improving Thinking Skills Through Constructivistic Science Learning In Sekolah Alam”, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2014.

Syarifatul Marwiyah, Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup. Jurnal Falasifa. 3(1), 2012, hal. 75-97.

Umi Arismawati1, Djamillah Bondan, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sanden Yogyakarta”, Jurnal Pendidikan Matematika, 6(9), 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v21i1.5955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:
 
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
except where otherwise noted.