MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN NCTM MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT)

Hafriani Hafriani

Abstract


National Council Of Teacher Of Mathematics (NCTM) said that learning Mathematics goals develop five basic abilities, namely problem solving, communication, connection, reasoning, and representation. These five abilities are essential to be considered and assured its accomplishment. Thus, developing these five abilities cannot be separated because they contribute to one another. While in fact, these five Mathematics abilities of students are still low. This research aimed to know the development of these five basic Mathematical abilities through structured tasks using the blog and explaining the importance of basic Mathematical skills in math learning and how Mathematics builds basic math skills to students. One of them is to implement a blog-assisted structured task method. This research sample was five classes from 11 class X MAN 1 Aceh Barat and 1st grade from 2nd grade X SMA Unggul Tunas Bangsa, Aceh Barat Daya selected with random sampling. The data collection instrument was a written test of the five basic Mathematical abilities and interviewing few students. The Data was analyzed using T-Test. The results of the analysis showed that not all basic abilities developed. From these five basic mathematical abilities, three basic Mathematical abilities developed, namely problem solving, connections, and communication. In comparison, the other two capabilities did not develop, namely reasoning and representation.


Keywords


NCTM; Five Basic Abilities in Mathematics; Structured Tasks; Blog

References


Ayu Yarmayani. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jur Sutarto Hadi, Radiyatul, EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, Pebruari 2014

Noraini Idris, Pedagogi dalam Pendidikan Matematik, (Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors Sdn Bhd, 2005)

Ajeng siti rhohmah dkk, 2018. “kemampuan representasi matematis siswa smp kelas viii pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan kontekstual”. Sosiohumaniora - vol.4, no.1, februari 2018 - jurnal lp3m - universitas sarjanawiyata tamansiswa yogyakarta

Arfita Umu Amaroh, dkk “Penalaran Dalam Artikel Mahasiswa Baru Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang Angkatan 2012”.2013

Bansu I. Ansari. Komunikasi Matematik Strategi Berfikir Dan Manajemen Belajar Konsep Dan Aplikasi, (Banda Aceh:yayasan pena, 2016)

Bansu I. Ansari. Komunikasi Matematik Strategi Berfikir Dan Manajemen Belajar Konsep Dan Aplikasi, (Banda Aceh:yayasan pena, 2016)

Cita Dwi Rosita, M.Pd, Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis.( Jurnal Euclid, ISSN 2355-17101, vol.1, No.1) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Cita Dwi Rosita, M.Pd. “Kemampuan Penalaran dan komunikasi matematis: Apa, Mengapa, dan bagaimana ditingkatkan pada Mahasiswa”. Jurnal Euclid, Vol.1 No 1, 2014.

Dewi, Nuriana, Rachmani. 2013. Mengembangkan Website Berorientasi Brain- Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa.

Eka Lestari, dkk. “penelitian pendidikan matematika (panduan praktis menyusun skripsi, tesis, dan laporan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan kombinasi disertai dengan model pembelajaran dan kemampuan matematis)”. Bandung : PT Rafika Aditama. 2015Fadjar Shadiq, Logika Matematika dan Pemecahan Masalah dalam Matematika SMA, Yogyakarta: PPPPTK, 2008

FazarIbnu, Prosiding Seminar Nasional PendidikanMatematika (SNAPTIKA) 2015, Palembang 16 Mei 2015

Hani Handayani Dan Rifahana Yoga Juanda. profil kemampuan representasi matematis siswa sekolah dasar di kecamatan sumedang utara. Primary: jurnal pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas riau. Volume 7. Nomor 2. 2018

Hardi Suyitno. “Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan Siswa”. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2. Vol. 2, 2019

Heris Hendriana dkk.” Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Kemampuan Dan Disposisi Berfikir Kritis Matematika”. Delta-Pi. Vol. 2, No. 1, april 2013

Herman Hudojo, Mengajar Belajar Matematika. (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan, 1998)

Hidayatidan Widodo, Prosespenalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa Di Sma Negeri 5 Kedir, (Jurnal; Math Educator NusantaraVolume 01 Nomor 02,

Nopember 2015) h.133

https://daedonghae.wordpress.com/2012/03/21/nctm-national-council-of-teacher-of- mathematics/

Imas Layung Purnama Dan Ekasatya Aldila Afriansyah.” Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence Dan Team Quiz”, Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 10, Januari 2016 Nomor 1.

Indri Herdiman dkk, 2018. “kemampuan representasi matematis siswa smp pada materi kekongruenan dan kesebangunan”. jurnal elemen vol. 4 no. 2, juli 2018

Jas, Irwandkk. 2012. “Penggunaan Media PembelajaranBerbasis Website dalamPembeljaranMatematika”. JurnalPendidikanMatematika. Vol. 1 No. 1. Jurnal Euclid, ISSN 2355-1712, vol.3, No.2, pp. 474-603

Karlimah, dkk. 2010. PengembanganKemampuan Proses MatematikaSiswaMelalui pembelajaranMatematika denganPendekatanTidakLangsung di SekolahDasar.

Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro, Kompetensi Guru Matematika dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 8. No.2. 2018.

Leo Adhar Effendi. Jurnal Penelitian Pendidikan. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. 2012. Vol 13. No.2.

Lutfianannisak, Ummu Sholihah, “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Komposisi Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Matematika”. Jurnal Tadris Matematika. Vol.1, No. 1, Juni 2018

MES (Journal of Mathematics Education and Science) ISSN: 2528-4363 Vol. 2, No. 1, Oktober 2016

Muhammad sabirin. “Representasipembelajaran matematika”. JPM IAIN Antasari. Vol. 01 No.2 Januari-juni 2014

Mulyono, dkk. “Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA”. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2. Vol. 2, 2019

Mulyono, dkk. “Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA”. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2. Vol. 2, 2019

nal Ilmiah Dikdaya. hal 14

National Council of Teacher Mathematics,2000, Principle and Standars for School mathematics, Association Drive, Reston

NCTM. 1989.Curriculum and Evaluation Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Nur Ainun. Dkk. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Siswa Madrasah Aliyah Melaui Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament”. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 2, No. 1, April 2015

NurLatifaAfin, M.Pd, Indonesian Digital Journal of Mathematics and

Education Volume 4 Nomor 6 Tahun 2017 http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

ISSN 2407-8530

Nuriana Rachmani Dewi. 2013. Pengembangan Website Berorientasi Brain-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasisw. Jurnal Prosiding. hal 459.

Nurul Fitri, dkk. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning”. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 4, No.1 Paridjo dan Budi Waluya. “Analysis Mathematical Communication Skills Students In The Matter Algebra Based Nctm”. IOSR-JM. Vol. 13

Paridjo dan Budi Waluya. “Analysis Mathematical Communication Skills Students In The Matter Algebra Based Nctm”. IOSR-JM. Vol. 13, Febuari 2017

Polya, G. 1985. How to Solve it: A New Aspect of Mathematic Method(2nd ed. ).Princenton,

New Jersey: Princenton University Press.

PrihayudaTatang Aditya “Pengembangan Media PembalajaranMatematikaBerbasisWab padaMateriLingkaranBagiSiswaKelas VIII” jurnalmatematikastatistikadankomputasi. Volume 15 Nomor 1

Rizqi, AfriaAlfitri. KemampuanKomunikasiMatematisSiswamelalui Blended Learning BerbasisPemecahanMasalah.KemampuanKomunikasiMatematisSiswamelalui Blended Learning.

Rosy. “6 Prinsip Belajar matematika NCTM”,https://serbapelangi.blogspot.com/2015/12/6- prinsip-belajar-matematika-nctm.html

Sugiman. “KONEKSI MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA”. Pythagoras. Vol. 4, 2008

Sumartini, T.S. Jurnal “Mosharafa”, Volume 5, Nomor 2, Mei 2016 ISSN 2086 4280, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut

Sumartini, T.S. Jurnal “Mosharafa”, Volume 5, Nomor 2, Mei 2016 ISSN 2086 4280, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut

Tatag Yuli Eko Siswono dan Whidia Novitasari, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemecahan Masalah Tipe What’s Another Way”,(Jurnal FMIPA Universitas Negeri Surabaya: 2006),

The National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), thn 2000, Principles and Standards for School Mathematics, Reston, VA: NCTM

Tina Sri Sumartini, Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5, Nomor 1, April 2015 ISSN 2086-4299 1)

Tina Sri Sumartini, Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5, Nomor 1, April 2015)

Topic Offirstson, Aktifitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderalla (Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2012),

Triana Jamilatus Syarifah, dkk. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas Xi Mipa 1 Smk Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016”. JPMM. Vol. 1, No. 2, Maret 2017

Van De walle. 2008.Jilid 1 Edisi Keenam Sekolah Dasar dan Menengah Matematika.Pengembangan Pengajaran.Jakarta:Erlangga

Wardono, dkk. “Pentingnya Penalaran matematika dalam Meningkatkan kemampuan Literasi matematika”.PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika). 2018. H. 588-589

Widodo Hidayati dan, Jurnal Math Educator Nusantara Volume 01 Nomor 02, Nopember 2015

Wulyaningsih,”Model Pembelajaran Tugas Tersruktur Untuk Meningkatkan Motivasidan Prestasi Belajar dalam Mengena lMakna Peninggalan Sejarah” BRILLIANT. Jurnal Riset dan Konseptual. Volume 2 nomor 1

Yeni Yuniarti,” pengembangan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar”, eduhumaniora vol.6 no 2, juli 2014

Yeni Yuniarti.” Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar”. Eduhumaniora. Vol. 6, No. 2, Juli 2014

ZurkardidanRatu, Putri, Indra, Ilma. Pengembangan Blog Support untukMembantuSiswadan Guru Matematika Indonesia BelajarPendidikanMatematikaReaalistik Indonesia (PMRI).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v22i1.7974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Didaktika

Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran

 


All works are licensed under CC-BY

Statistik Pengunjung

© Jurnal Ilmiah Didaktika 2019. Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry; All rights reserved.
This website has been viewed hit counter website times.
 
 
Indexed by: