Vol 12, No 2 (2012)

Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2012


Cover Page


Pada edisi kali ini, Jurnal Ilmiah Didaktika yang selalu konsisten dengan pengembangan dunia pendidikan dan pembelajaran menampilkan beberapa artikel yang secara umum diklasifikasi dalam beberapa topik meliputi: strategi peningkatan kualitas pendidik, pengembangan strategi pembelajaran dan pemanfaatan media, pendidikan informal, serta filsafat pendidikan Islam. Artikel yang memfokuskan pembahasan pada aspek peningkatan kualitas pendidik adalah yang ditulis oleh Djailani AR dengan judul Peningkatan Kompetensi Guru M.TsN Kota Banda Aceh Melalui Supervisi Pengajaran. Selanjutnya beberapa artikel yang memfokuskan pembahasan pada aspek pengembangan strategi strategi pembelajaran dan pemanfaatan media adalah: Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar yang ditulis oleh Ramli Abdullah;Rancangan Model Penilaian Portofolio di Sekolah yang ditulis oleh Jailani; Metode Konvensional dan Inkonvensional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab yang ditulis oleh Sahkholid Nasution; Penggunaan Animasi dengan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Daya Ingat terhadap Matematika pada Materi Geometri di Kelas X SMA Negeri 3 Banda Aceh yang ditulis oleh Ruwaida Muhammad; Pembelajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia yang ditulis oleh Bulkisah; Remedial Teaching Sebagai Suatu Solusi (Suatu Analisis Teoretis) yang ditulis oleh Masbur. Berikutnya artikel-artikel yang membahas tentang pendidikan informal adalah: Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama yang ditulis oleh Hasbi Wahy dan Pendidikan Agama: Sebuah Kewajiban Rumah Tangga pada Peringkat Awal yang ditulis oleh Muhammad AR.

Beberapa artikel lain yang tidak kalah menarik untuk dikaji dan didiskusikan adalah yang terkait dengan pembaharuan pemikiran pendidikan dan filsafat pendidikan. Artikel yang berjudul Internat dalam Perspektif Nasionalis dan Prospeknya di Aceh (Kajian Eksploratif Pemikiran Sati' al-Husairi dan Sutomo)karya Gunawan Adnan dan Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKN dan Pendidikan Agama yang ditulis oleh Fatimah Ibda menawarkan konsep yang progresif dalam konteks pemikiran pendidikan, sementara artikel Maria Ulfah yang berjudul Mekanisme Perolehan Ilmu dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.

Artikel-artikel di atas dengan fokus kajian masing-masing tentu saja merupakan sumbangsih berharga dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan nasional. Terlepas dari kekurangan yang ada, artikel-artikel tersebut tentu menarik untuk dikaji dan didiskusikan secara lebih komprehensif.