Mengelaborasi Sejarah Filsafat Barat dan Sumbangsih Pemikiran Para Tokohnya

Sabiatul Hamdi, Muslimah Muslimah, Khabib Musthofa, Sardimi Sardimi

Abstract


The main problem in this study is that there are many misunderstandings about philosophy that are considered to cloud the mind, so heavy, maybe even infidel. Especially in Western philosophy which became the forerunner of the existence of philosophy until now. Therefore, it is important to study more deeply about Western philosophy in order to gain a comprehensive understanding. This study aims to understand: (1) the history of the emergence and periodization of Western philosophy, (2) the characteristics of Western philosophy, and (3) the figures of Western philosophy and their thoughts. The method used in this study is a literature study with content analysis from various references relevant to the study of western philosophy. The results of this study show that: (1) the true philosophy began to be echoed when people began to ask about the origin of everything that exists in this universe, then the thought developed. Western philosophy became the beginning of the forerunner of the philosophers of philosophizing in Greece, starting from the ancient Greek centuries, classical centuries, medieval, to modern and today. (2) The prominent characteristics of western philosophy are that they are still influenced by mythology (ancient Greece), there are philosophers' thoughts that can only be obtained from testimonies/stories, and the way of philosophizing that is guided by the church. (3) Famous Western philosophers include Socrates, Thomas Aquinas and Rene Descartes. These three figures contributed to the world of science. 

Abstrak

Permasalahan utama dalam kajian ini adalah banyaknya kesalahpahaman mengenai filsafat yang dianggap memperkeruh pikiran, begitu berat, bahkan mungkin dapat mengkafirkan. Terlebih pada filsafat Barat yang menjadi cikal bakal dari eksistensi filsafat hingga kini. Karena itu penting menelaah lebih dalam mengenai filsafat Barat agar memperoleh pemahaman yang komprehensif. Kajian ini bertujuan memahami tentang: (1) sejarah kemunculan dan periodisasi filsafat Barat, (2) karakteristik dari filsafat Barat, dan (3) tokoh filsafat Barat beserta pemikirannya. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi kepustakaan dengan analisis konten dari berbagai referensi-referensi yang relevan dengan kajian filsafat barat. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa: (1) filsafat sejatinya mulai digemakan ketika orang-orang mulai menanyakan tentang asal dari segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, kemudian berkembanglah pemikiran tersebut. Filsafat barat menjadi awal dari cikal bakal para filsuf berfilsafat di Yunani yang dimulai dari abad Yunani kuno, abad klasik, pertengahan, hingga modern dan saat ini. (2) Karakteristik filsafat barat yang menonjol di antaranya masih dipengaruhi oleh mitologi (Yunani kuno), ada pemikiran filsuf yang hanya didapat dari kesaksian/cerita belaka, dan cara berfilsafat yang dibimbing gereja. (3) Tokoh-tokoh filsafat Barat yang terkenal di antaranya Socrates, Thomas Aquinas dan Rene Descartes. Ketiga tokoh tersebut memberi sumbangsih bagi dunia ilmu pengetahuan


Keywords


History, west philosophy, science.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. (2015). Aliran Eksistensialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Al-Banjari, 14(1), 1–14.

Adib, M. (2011). Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

A.H, S. (2020). Pemikiran Essensialisme, Eksistensialisme, Perenialisme, dan Pragmatisme dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Asas, 5(2), 16–28.

Arif, O. (2018). Dasar-Dasar Ilmu Filsafat Timur dan Barat. Jakarta: Gentanusantara.

Arifiyanto, M. N. (2016). Anotasi Pemikiran Hukum: Dalam Perspektif Filsafat Hukum. Malang: UB Press.

Burhanuddin, N. (2018). Filsafat Ilmu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Faizah, L. N. (2017). Filsafat Islam dan Hubungannya dengan Filsafat Masehi, Yunani, Modern. Jurnal Al-Makrifat, 2(2), 67–103. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3049

Gunadha, R. (2021, March 29). CEK FAKTA: Benarkah Belajar Filsafat, Haram Hukumnya dalam Islam? Suara.Com. https://www.suara.com/news/2020/08/07/171133/cek-fakta-benarkah-belajar-filsafat-haram-hukumnya-dalam-islam?page=all

Herho, S. H. S. (2016). Pijar Filsafat Yunani Klasik. Bandung: Perkumpulan Studi Ilmu Kemasyarakatan ITB.

Husaini, A. (2013). Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani.

Jauhari, S. (2020). Konstruksi Filsafat Islam Terhadap Filsafat Yunani dan Filsafat Barat Modern. NGABARI: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 13(1), 1–12. https://doi.org/.

Khaeroni, C. (2014). Epistemologi Rasionalisme Rene Descartes dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Didaktika Religia, 2(2), 183–198.

Muliadi, M. (2020). Filsafat Umum. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Praja, J. S. (2020). Aliran-Aliran Filsafat dan Etika. Jakarta: Kencana.

Ritaudin, M. S. (2015). Mengenal Filsafat dan Karakteristiknya. Kalam: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 9(1), 127–144. https://doi.org/10.24042/klm.v9i1.324

Riwanto, D. S., Nugroho, T., & Umah, K. A. (2018). Filsafat Ilmu Ekonomi Islam. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Sholihah, D. A., & Shanti, W. N. (2017). Disposisi Berpikir Kritis Matematis dalam Pembelajaran Menggunakan Metode Socrates. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.26714/jkpm.4.2.2017.1-9

Simanjuntak, B. A., & Sosrodihardjo, S. (2014). Metode Penelitian Sosial (Edisi Revisi). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suaedi, S. (2016). Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: IPB Press.

Syafei, F. R. (2018). Sejarah Pemikiran Modern. Padang: Berkah Prima.

Tang S, M., Muslimah, M., Riadi, A., & Mukmin, M. (2021). Implikasi Pedagogis Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 45-48 Mengenai Tugas dan Fungsi Guru Sebagai Pendidik. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 13–27. http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4188

Taufik, M. (2020). FILSAFAT BARAT ERA SKOLASTIK(Telaah Kritis Pemikiran Thomas Aquinas). Jurnal Ilmu Ushuluddin, 19(2), 81–91. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jiiu.v19i2.4444

Triono, A., Rafi’i, M., & Setiani, D. (2020). Hegemoni Positivisme Terhadap Pendidikan di Indonesia. ANALYTICA ISLAMICA, 22(1), 89–103.

Waris, W. (2018). Pengantar Filsafat. Ponorogo: STAIN Po Press.

Zubaedi, Z. (2017). Filsafat Barat: Dari logika baru Rene Descartes hingga revolusi sains ala Thomas Kuhn. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jpi.v2i1.11378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muslimah Muslimah, Sabiatul Hamdi, Khabib Musthofa, Sardimi Sardimi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

 

>

Redaksi Junal Pemikiran Islam (JPI): Gedung Fakultas Ushuluddin Lantai 1, Program Studi Aqidan dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Ar-Raniry. Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7551295. eMail: jpi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).

View My Stats