Penelusuran Epistemologi Kekadiman Alam dalam Tahafut Al-Falasifah dan Tahafut Al-Tahafut

M Fathin Shafly Marzuki, Raina Wildan, Syamsul Rijal

Abstract


This study aims to explore the epistemological debate between Al-Ghazali and Ibn Rushd concerning the concept of the eternity of the world within Islamic philosophy, highlighting the relevance and depth of their thoughts in contemporary Islamic intellectual discourse. Al-Ghazali, through his work "Tahafut Al-Falasifah," critiques the philosophical view that deems the universe as eternal (qadim), emphasizing the importance of revelation and spiritual experience as valid sources of knowledge. Conversely, Ibn Rushd, in "Tahafut Al-Tahafut," defends Aristotle's view on the eternity of the world, illustrating the significance of logic and rationality in understanding the relationship between God, the universe, and humanity. Employing philosophical and historical approaches, this study investigates the methodological differences, arguments, and epistemological conclusions drawn by both thinkers. The findings demonstrate that the dialogue between philosophy and theology in Islam not only enriches the Islamic intellectual tradition but also offers new perspectives in understanding contemporary religious and philosophical issues. This study affirms the significant contributions of Al-Ghazali and Ibn Rushd to advancing Islamic thought, highlighting the importance of an interdisciplinary approach in resolving philosophical and theological dilemmas.

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mendiskusikan tentang perdebatan epistemologis antara Al-Ghazali dan Ibnu Rusyd mengenai konsep kekekalan alam dalam filsafat Islam, menyoroti relevansi dan kedalaman pemikiran keduanya dalam diskursus intelektual Islam kontemporer. Al-Ghazali, melalui karyanya "Tahafut Al-Falasifah," mengkritik pandangan filsuf yang menyatakan alam sebagai qadim (kekal), menekankan pentingnya wahyu dan pengalaman spiritual sebagai sumber pengetahuan yang valid. Sebaliknya, Ibnu Rusyd dalam "Tahafut Al-Tahafut" membela pandangan Aristoteles tentang kekekalan alam, menunjukkan pentingnya logika dan rasionalitas dalam memahami hubungan antara Tuhan, alam, dan manusia. Melalui pendekatan filosofis dan historis, kajian ini mengeksplorasi perbedaan metodologi, argumentasi, dan kesimpulan epistemologis yang dihasilkan oleh kedua pemikir tersebut. Kajian ini menunjukkan bahwa dialog antara filsafat dan teologi dalam Islam bukan hanya memperkaya tradisi intelektual Islam, tetapi juga memberikan perspektif baru dalam memahami isu-isu keagamaan dan filosofis kontemporer. Kajian ini menegaskan kontribusi signifikan Al-Ghazali dan Ibnu Rusyd dalam memajukan pemikiran Islam, dengan menyoroti pentingnya pendekatan interdisipliner dalam memecahkan dilema-dilema filosofis dan teologis. 


Keywords


Filsafat Islam, Al-Ghazali, Ibnu Rusyd, Epistemologi.

Full Text:

PDF

References


Achmadi, A. (2014). Filsafat Umum. Rajawali Press.

Ahmad, A. (2022). TEORI EMANASI MENURUT TOKOH FILSAFAT YUNANI DAN FILSAFAT ISLAM. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Kedakwahan, 15(30), 43–49. https://doi.org/10.58900/jiipk.v15i30.24

Aini, N. (2020). PROSES PENCIPTAAN ALAM DALAM TEORI EMANASI IBNU SINA. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 3(2), 55–75. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v3i2.9567

Al-Ahwani, A. F. (1997). Filsafat Islam, Terj. Sutardji Calzoum Bachri. Pustaka Firdaus.

Atang Abdul Hakim, B. A. S. (2016). Filsafat Umum: Dari Metologi Sampai Teofilosofi. Pustaka Setia.

Ba’lawi, A. Q. A. (n.d.). Ta’rif Al-Ihya fi Fadha’il Al-Ihya. Darul Ihya’ Al-Kutub Al-‘Arabiyah,.

Bakar, O. (1997). Tauhid dan Sains, Terj. Yuliani Liputo. Mizan Media Utama.

Drajat, A. (2006). Filsafat Islam Buat yang Pengen Tahu. Erlangga.

Ghazali, A.-. (2015). Kerancuan filsafat = (Tahafut Al-Falasifah) / Imam Al-Gazali; penerjemah, Achmad Maimun; penyunting, Abd. Kholiq. Forum.

Hardiyati, M. (2020). Sejarah Perkembangan Ilmu Dunia Barat. Vol. 2 (2020).

Hidayat, N. (2017). Bantahan Ibnu Rusyd Terhadap Kritik Al-Ghazâlî Tentang Keqadiman Alam. Ulumuna, 11(2), 373–388. https://doi.org/10.20414/ujis.v11i2.407

Ibrahim. (2015). Filsafat Islam Klasik. Prodi Ilmu Aqidah FUF UIN Makassar.

Idris, S. (2015). KOSMOLOGI SEYYED HOSSEIN NASR (TINJAUAN METAFISIKA). https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1360.2005

Khoirudin, A. (2014). Rekonstruksi Metafisika Seyyed Hossein Nasr dan Pendidikan SpirituaL. Afkaruna, Vol. 10 No. https://doi.org/DOI 10.18196/AIIJIS.2014. 0038. 202-216

Kusumohamidjojo, B. (2002). Filsafat Yunani Klasik: Relevansinya Untuk Abad ke-21. Yrama Widya.

M. Solihin, R. A. (2014). Ilmu Tasauf. Pustaka Setia.

Masgono. (2011). Pergulatan Filosofis Ibnu Sina, Al-Ghazali dan Ibnu Rusyd. 21/07/2011.

Mohammad Hatta. (1980). Alam Pikiran Yunani. Tintamas.

Muliyadi. (2020). Argumentasi Filosofis al-Kindi, Ibn Rusyd, dan al-Farabi Tentang Kekekalan Alam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 7 No 1.

Muniroh, B. (2018). Akal dan Wahyu. Aqlania, 9(1), 41. https://doi.org/10.32678/aqlania.v9i01.2062

Nurisman. (2022). Konsepsi Atomisme dan Kausalitas Pemikiran Al-Ghazali dan Ibnu Rusyd. Kalimedia.

Rijal, S. (1994). Kritik Al-Ghazali terhadap Konsep Kekadiman Alam. IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Russell, B. (2004). History of Western Philosophy. Routledge Classics.

Rusyd, I. (2019). Tahafut at-Tahafut. Penerbit Marja.

Tedy, A. (2016). Kritik Ibnu Rusyd terhadap tiga kerancuan berfikir al- Ghazali. El-Afkar, Vol. 5 Nom.

Tiam, S. D. (2015). Historiografi Filsafat Islam: Corak, Periodesasi dan Aktulisasi. Instrans Publishing.

Zar, S. (2014). Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya. RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jpi.v3i2.22541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M Fathin Shafly Marzuki, Raina Wildan, Syamsul Rijal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

 

>

Redaksi Junal Pemikiran Islam (JPI): Gedung Fakultas Ushuluddin Lantai 1, Program Studi Aqidan dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Ar-Raniry. Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7551295. eMail: jpi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).

View My Stats