Hubungan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMAN 1 Rundeng
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v7i2.11942Keywords:
Kesadaran Metakognitif, Hasil Belajar, Elastisitas dan Hukum HookeAbstract
Penelitian tentang hubungan kesadaran metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika merupakan objek yang menarik untuk diteliti. Pembelajaran Fisika di SMA diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk pemecahan masalah. Pelibatan kesadaran metakognitif dalam pemecahan masalah juga menjadi hal pokok dalam menentukan keberhasilan pembelajaran Fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke di SMA Negeri 1 Rundeng, penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk melihat keeratan hubungan antara dua variabel atau lebih. Hasil uji korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,275. Hasil ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang positif antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke di SMA Negeri 1 Rundeng.Downloads
Published
2021-07-05
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).