Analisis Hubungan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Minat Belajar Fisika di SMAN 11 Kota Jambi

Fhadira Insani Putri, Febri Masda, Maison Maison, Dwi Agus Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakter rasa ingin tahu terhadap minat belajar fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah mix method . Instrumen yang digunakan berupa angket, wawancara dan observasi. Total keseluruhan siswa dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Dimana 30 siswa berasal dari kelas X MIPA 3 dan sisanya berasal dari kelas X MIPA 4. Dari hasil analisis yang diperoleh dapat disimpulkan karakter rasa ingin tahu siswa di kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 tergolong baik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, terdapat hubungan antara karakter rasa ingin tahu yang dimiliki oleh siswa dengan minat belajar fisika. Hubungan ini dapat dilihat pada uji korelasi dimana nilai pada pearson correlation adalah 0,006 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dinyatakan terdapat hubungan atau korelasi antara karakter rasa ingin tahu dengan minat belajar fisika siswa.


Keywords


Fisika, Minat belajar, Karakter rasa ingin tahu siswa

References


Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34–43.

Banks, H. T., Flores, K. B., Langlois, C. R., Serio, T. R., & Sindi, S. S. (2018). Estimating the rate of prion aggregate amplification in yeast with a generation and structured population model. Inverse Problems in Science and Engineering, 26(2), 257–279. https://doi.org/10.1080/17415977.2017.1316498

Hakim, L., & Marzuki, I. (2019). Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Pembelajaran Konstruktif Dalam Kisah Musa Dan Khidir. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 1(2), 138–151.

Hidayah, B., Ariyanto, A. A., & Hariyadi, S. (2020). Apakah emotional intelligence dipengaruhi gender?: Analisis perbedaan kecerdasan emosi kaitannya dengan manajemen konflik suami-istri dalam masa kritis perkawinan. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 43–51. https://doi.org/10.24843/JPU.2020.v07.i02.p05

Joneska, A., Astalini, & Susanti, N. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Dan Index Card Match Pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP Negeri 3 BatangHari. Jurnal EduFisika, 01(01), 28–31.

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 124–139.

Marfu, S., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2015). EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. 4(1), 287–298.

Mason, G. (2020). Higher education, initial vocational education and training and continuing education and training: where should the balance lie? Journal of Education and Work, 33(7–8), 468–490. https://doi.org/10.1080/13639080.2020.1755428

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran biologi model STAD dan TGT ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12–17. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2504

Nofrialdi, I., Maison, & Muslim. (2018). Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMA Negeri 2 Kerinci Kelas X MIA Sebelum Menghadapi Tes Matematika Berdasarkan Gender dan Hubungannya dengan Hasil Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 11–20.

Oktaviana, D., Jufrida, & Darmaji. (2016). Penerapan RPP Berbasis Multiple Intellegences Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal EduFisika, 01(01), 7–12.

Priyadi, R., Maison, & Kurniawan, W. (2019). Pengembangan Kuis Interaktif Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton tentang Gravitasi dengan Menggunakan Program Wondersharequiz Creator 4.5.1 Rian. Tesis, Universitas Jambi. Jambi.

Purwanto, A. E., Hendri, M., & Susanti, N. (2016). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media PhET Simulations dengan Alat Peraga pada Pokok Bahsan Listrik Magnet di Kelas IX SMPN Kabupaten Tebo. Jurnal EdulFisika, 01(01), 22–27.

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ( The impacts of students ’ learning interest and motivation on their learning outcomes ). 2(2), 188–201.

Sarjana, I. K. D., Margunayasa, I. G., & Sumantri, M. (2016). Pengaruh Model Pogil, Gaya Kognitif, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal PGSD, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i1.9006

Suradi. (2017). Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin. BRILIANT:Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 522–533.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihaya : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/2119/1162%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf

Tegeh, I. M., Parwata, I. G. L. A., & Ostaviani, B. G. (2020). The Observing Learning Activity Assisted by Concrete Media Improves Student’s Conceptual Knowledge. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 182. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.25206

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–303. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477

Yolviansyah, F., Suryanti, Rini, E. F. S., Sri Wahyuni, S., & Matondang, M. M. (2021). HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA N 3 MUARO JAMBI. Tunjuk Ajar:Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 16–25.

Yusup, F. (2018). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN KUANTITATIF. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i2.13226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats