Efektivitas Pendekatan SAVI Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Longkib Subulussalam
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v7i2.13241Keywords:
Inovasi pembelajaran, Pendekatan SAVI, Hasil belajarAbstract
Inovasi oleh guru dalam pembelajaran sangat diperlukan untuk mencapai hasil belajar peserta didik yang lebih baik. Melalui Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intektual) dalam pembelajaran, peneliti ingin mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik di SMPN 2 Longkib Subulussalam. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kauntitatif dengan metode pre-eksperimen berdesain the one group pre-test post test desaign. Kelas VIII SMP Negeri 2 Longkib Kota Subulussalam pada tahun ajaran 2021/2022 telah dipilih sebagai kelas Sampel pada penelitian ini. Data penelitian diperoleh melalui soal tes dan angket yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan untuk nilai rata-rata pre-test sebesar 31,95 dan nilai rata-rata post-test 78,86. Sedangkan respon peserta didik terhadap pendekatan SAVI dalam pembelajaran diperoleh dari data angket sebesar 62,6 %. Melalui uji t diperoleh nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,005 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI telah berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 2 Longkib Kota Subulussalam.References
Andriani, F. Tandililing, E, Hidayatullah, M.H.S. 2021. Penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual and Intelectual (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang gerak harmonik sederhana kelas X SMA Negeri 1 Mentebah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 10 (1), 1-8
Arikunto, S. dan Jabar, C.S.A., 2009. Evaluasi program pendidikan: pedoman teoritis praktis bagi praktisi pendidikan. Jakarta : Bumi aksara.
Darmadi, H. 2019. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. An1mage
Dewi, W.M.M. 2012. Skripsi: Pengaruh penerapan SAVI terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Boyolali. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Vol. 5 (2), 172-182
Hidayat, A.A. 2021. Menyusun Instrumen Penelitian dan Uji Validitas-Realibilitas. Surabaya, Health Books Publishing
Nio, T.H. 2017. Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intelectual) untuk meningkatkan kreativitas, kemandirian belajar dan kepercayaan diri dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika X 2016, 509-522
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional
Rahinosiwi, U.H.W. 2019. Skripsi: Analisis Hasil Belajar Siswa Berdasarkan KKM dalam pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV Sekolah Dasar negeri 02 Ploso Jumapolo. PGSD Universitas Muhamadiyah Surakarta
Rumandor, P. 2020. Pola interaksi guru PAI dengan siswa dalam meningkatkan hasil belajar di SMA Negeri 1 Belang. Jurnal AL-HIKMAH Vol. 2 (2),1-15
Sari, W. Marwan AR, Melvina. 2017. Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intelectual) dengan menggunakan media Education Card terhadap Pemahaman siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, Vol 1 (4), 108-113
Wijayama, B. 2020. Pengembangan Perangkat IPA bervisi SETS dengan pendekatan SAVI. Semarang Selatan, Qahar Publisher
Yohani, D.F., Rakhmat. C., Mulyana, E.H. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intelectual) terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Pedadidaktika Vol. 1 (2), 113-120
Yusuf, M., 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).