PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS KELAS XI SMA NEGERI I UNGGUL DARUL IMARAH
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v5i2.6886Keywords:
Pendekatan SETS, Hasil Belajar, Tekanan HidrostatisAbstract
Pelaksanaan pembelajaran Fisika terkadang tidak menggunakan pendekatan yang menarik, sehingga siswa merasa bosan, kurang kreatif dalam berpikir dan sulit untuk mengembangkan ide atau gagasan yang dimiliki. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan suatu pendekatan yang dapat menciptakan peluang siswa untuk mengkonstruksi dan menumbuhkembangkan pengetahuannya, salah satunya adalah dengan menerapkan pendekatan SETS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap hasil belajar siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis di kelas XI SMA Negeri I Unggul Darul Imarah. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian dari Wilcoxon Sign Rank Test menunjukan bahwa Zhitung > Ztabel yaitu -0,07 > 434 untuk taraf signifikan 95% dan ɑ = 0,05. Sehingga Ha diterima, dapat dilihat adanya peningkatan empat dari enam indikator pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Materi tekanan Hidrostatis.
References
Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hasanah, 2013. Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada Pembelajaran Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol 5(1). Hal.8
Husamah, 2018. Belajar dan Pembelajaran, Malang: Universitas Ubudiyah.
Maulana, 2018. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang.
Nugraheni D, dkk, 2013. Pengaruh Pembelajaran Berevisi dan Berpendekatan SETS terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas X SMAN 2 Sukoharjo Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol.2 No: 2 hal.36
Rusman, 2017. Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triningsih T, 2011. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Alat Optik Kelas X Semester II SMAN I Semarang dengan Menerapkan Perangkat Pembelajaran Berevisi SETS, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 1. Hal.49
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).