PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS KELAS XI SMA NEGERI I UNGGUL DARUL IMARAH

Authors

  • Juli Mardiah Susanti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Fera Annisa
  • Soewarno Soewarno Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v5i2.6886

Keywords:

Pendekatan SETS, Hasil Belajar, Tekanan Hidrostatis

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Fisika terkadang tidak menggunakan pendekatan yang menarik, sehingga siswa merasa bosan, kurang kreatif dalam berpikir dan sulit untuk mengembangkan ide atau gagasan yang dimiliki. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan suatu pendekatan yang dapat menciptakan peluang siswa untuk mengkonstruksi dan menumbuhkembangkan pengetahuannya, salah satunya adalah dengan menerapkan pendekatan SETS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap hasil belajar siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis di kelas XI SMA Negeri I Unggul Darul Imarah. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian dari Wilcoxon Sign Rank Test menunjukan bahwa Zhitung > Ztabel  yaitu -0,07 > 434 untuk taraf signifikan 95% dan ɑ = 0,05. Sehingga Ha diterima, dapat dilihat adanya peningkatan empat dari enam indikator pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Materi tekanan Hidrostatis. 

References

Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hasanah, 2013. Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada Pembelajaran Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol 5(1). Hal.8

Husamah, 2018. Belajar dan Pembelajaran, Malang: Universitas Ubudiyah.

Maulana, 2018. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang.

Nugraheni D, dkk, 2013. Pengaruh Pembelajaran Berevisi dan Berpendekatan SETS terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas X SMAN 2 Sukoharjo Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol.2 No: 2 hal.36

Rusman, 2017. Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triningsih T, 2011. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Alat Optik Kelas X Semester II SMAN I Semarang dengan Menerapkan Perangkat Pembelajaran Berevisi SETS, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 1. Hal.49

Published

2020-06-30

Issue

Section

Artikel