STRATEGI WRITING TO LEARN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNTIF DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA

Authors

  • Ayuenda Immanuella Aries Indonesian Education University
  • Parlindungan Sinaga Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung, 40154
  • Harun Imansyah Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung, 40154

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v5i2.7109

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung, masih banyak siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (dengan Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 75). Hal tersebut dikarenakan setelah pembelajaran di sekolah cenderung menekankan penghapalan rumus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan kemampuan representasi siswa, serta hubungan antara kemampuan kognitif dengan kemampuan representasi siswa pada materi Cahaya dan Alat Optik dengan menggunakan stretegi writing to learn. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu atau quasy experiment. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas VIII dari salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan stretegi writing to learn dengan nilai <g> 0,41 berada dalam kategori sedang, dalam kemampuan representasi siswa didapatkan nilai <g> 0,29 berada dalam kategori rendah. Serta terdapat hubungan antara kemampuan kognitif dengan kemampuan representasi dengan koefisien relasi  sebesar 0,19 berada dalam kategori sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi writing to learn dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Andromeda, Belka, dkk. 2015. Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Konsep-konsep Gaya di Kelas X SMAN 3 Pontianak. [Online]. https://media.neliti.com/media/publications/216309-analisis-kemampuan-multirepresentasi-sis.pdf. Diakses: 20 November 2019

Atasoy, S., 2013 . Effect of Writing-to-learn strategy on Undergraduates’ Conceptual Understanding of Electrostatics. Asia-Pasific Edu Res: 22(4) hlm. 593-602.

Chen, Y, dkk. 2013. The effect of Writing-to-Learn Activities on Elementary Students’ Conceptual Understanding: Learning About Force and Motion Through Writing to Older Peers. Wiley Periodicals. Inc. Sci Ed: 97 (5) hlm.745-77

Creswell, John W. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Hake, R. R. 1998. Interactive Engagement vs Traditional Methods: Six-thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introdoctury Physics Courses. American Journal of Physics. 66(1).

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Michigan Science Teacher Assosiation. 1987. Writing Across the Curriculum. Ann Arbor, Michigan.

Sinaga, P. 2014. Pengembangan Program Perkuliahan Fisika Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Materi Ajar Calon Guru Menggunakan Multi Modus Representasi. [Disertasi]. Universitas Pendidikan Indonesia: Sekolah Pasca Sarjana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-06-30

Issue

Section

Artikel