Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Dalam Mengembangkan Media Dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning (Pjbl)

Yenti Muliyani, Misbahul Jannah, Rahmati Rahmati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan dan keterampilan calon guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik tertarik dan termotivasi dalam belajar dan aktivitas yang ditunjukan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan mahasiswa calon guru dalam penguasaan konsep media dan bahan ajar IPA berbasis Project Based Learning (PjBL), (2) kemampuan mahasiswa calon guru IPA dalam mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang penilaiannya terdiri dari penilaian konsep dan penilaian instrumen pengembangan media dan bahan ajar IPA yang kedua data tersebut dianalisis menggunakan rumus perhitungan presentasi. Hasil data yang dikumpulkan melalui penilaian tersebut memperoleh jumlah presentase yaitu pada tahapan (1) penilaian konsep dengan jumlah total presentase mendapatkan kualitas kategori baik (77.3%) yang terdiri dari 10 mahasiswa calon guru IPA mendapatkan kategori baik dan 2 orang mahasiswa lainnya mendapatkan kategori sangat baik. Tahapan (2) penilaian instrument yang meliputi (materi dengan kategori baik (72.8%), desain pembelajaran dengan kategori cukup (64.64%), media komunikasi pembelajaran dengan kategori baik (76.25%), dan ketertarikan peserta didik terhadap media pembelajaran dengan kategori cukup (70.7%).

Keywords


Kemampuan Mahasiswa Calon Guru, Media Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL).

Full Text:

PDF PDF

References


Arifin, Z., 2017 Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21, Jurnal THEOREMS The Original Research of Mathematics 1(2), 93.

Arsyad, A., 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hilda hilaliyah., 2018. Pemanfaatan stiker sebagai media pembelajaran. (Seminar Nasional Paramasastra:Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya dalam Paradigma Kekinian), 494.

Pebrianti, F., 2019. Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba). ISBN: 978-623-707438-0), 93.

Musyadat, I., 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X MAN Bangil. In Skripsi, 19.

Nyoman Sudana Degeng, I., 1989. Ilmu pengajaran taksonomi variabel. Jakarta: depdikbud dirjen perguruan tinggi proyek pengembangan lembaga pendidikan tenaga kependidikan.

Nurseto, T., 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. (Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1, (8), 20.

Pratiwi Dwi, E., latifah S, Mustari, M., 2019. Development Of Physical Learning Media Using Video scribe Sparkol. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education. 3 (2), 304.

Pratiwi Dwi, E., 2017. Skripsi Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pkok Bahasan Kinematika Gerak Diperguruan Tinggi. Lampung 13.

Listyarini Yuli, I., 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Karakter Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy. 119.

Ridwan Abdullah, S., 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmi, H., 2016. Skripsi Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Tema Berbagai Pkerjaan Pada Min Mesjid Raya. Banda Aceh, 14.

Rais, M., 2010. Model Project Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43 (3), 246-252.

Rasyid Hafizh Ainur, A., 2019. Penerapan Model Pembelajaran project based lerning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education. 1 (1), 28-37

Setjaningsih, W., 2006. program pengembangan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan keterampilan calon guru. seminar nasional mipa dengan tema” penelitian, pendidikan, dan penerapan mipa serta peranannya dalam peningkatan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan” yang diselenggarakanoleh fakultasmatematika dan ilmu pengetahuan alam uny, yogyakarta. 186.

Suparno, P., 2015. Penyiapan Calon Guru Fisika SMA Yang Saintifik Dan Berkarakter Melalui Praktikum. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, Yogyakarta. ISSN : 0853-0823. 110.

Santoso, E., 2010. Tesis Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Surakarta. 23.

Yulianti, F., 2018. Peningkatan Keterampilan Guru Membuat Powerpoint Melalui In House Training di SD Negeri Pabuaran. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11 (3), 99-114.

Yenni., 2017. Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Efektif Pada Mata Kuliah Sbmm. JPPM. 10 (2). 133.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v1i3.7422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats