Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Dalam Mengembangkan Media Dan Bahan Ajar IPA Berbasis Project Based Learning (Pjbl)
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v5i2.7422Keywords:
Kemampuan Mahasiswa Calon Guru, Media Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL).Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan dan keterampilan calon guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik tertarik dan termotivasi dalam belajar dan aktivitas yang ditunjukan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan mahasiswa calon guru dalam penguasaan konsep media dan bahan ajar IPA berbasis Project Based Learning (PjBL), (2) kemampuan mahasiswa calon guru IPA dalam mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang penilaiannya terdiri dari penilaian konsep dan penilaian instrumen pengembangan media dan bahan ajar IPA yang kedua data tersebut dianalisis menggunakan rumus perhitungan presentasi. Hasil data yang dikumpulkan melalui penilaian tersebut memperoleh jumlah presentase yaitu pada tahapan (1) penilaian konsep dengan jumlah total presentase mendapatkan kualitas kategori baik (77.3%) yang terdiri dari 10 mahasiswa calon guru IPA mendapatkan kategori baik dan 2 orang mahasiswa lainnya mendapatkan kategori sangat baik. Tahapan (2) penilaian instrument yang meliputi (materi dengan kategori baik (72.8%), desain pembelajaran dengan kategori cukup (64.64%), media komunikasi pembelajaran dengan kategori baik (76.25%), dan ketertarikan peserta didik terhadap media pembelajaran dengan kategori cukup (70.7%).References
Arifin, Z., 2017 Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21, Jurnal THEOREMS The Original Research of Mathematics 1(2), 93.
Arsyad, A., 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hilda hilaliyah., 2018. Pemanfaatan stiker sebagai media pembelajaran. (Seminar Nasional Paramasastra:Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya dalam Paradigma Kekinian), 494.
Pebrianti, F., 2019. Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba). ISBN: 978-623-707438-0), 93.
Musyadat, I., 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X MAN Bangil. In Skripsi, 19.
Nyoman Sudana Degeng, I., 1989. Ilmu pengajaran taksonomi variabel. Jakarta: depdikbud dirjen perguruan tinggi proyek pengembangan lembaga pendidikan tenaga kependidikan.
Nurseto, T., 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. (Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1, (8), 20.
Pratiwi Dwi, E., latifah S, Mustari, M., 2019. Development Of Physical Learning Media Using Video scribe Sparkol. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education. 3 (2), 304.
Pratiwi Dwi, E., 2017. Skripsi Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pkok Bahasan Kinematika Gerak Diperguruan Tinggi. Lampung 13.
Listyarini Yuli, I., 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Karakter Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy. 119.
Ridwan Abdullah, S., 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmi, H., 2016. Skripsi Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Tema Berbagai Pkerjaan Pada Min Mesjid Raya. Banda Aceh, 14.
Rais, M., 2010. Model Project Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43 (3), 246-252.
Rasyid Hafizh Ainur, A., 2019. Penerapan Model Pembelajaran project based lerning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education. 1 (1), 28-37
Setjaningsih, W., 2006. program pengembangan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan keterampilan calon guru. seminar nasional mipa dengan tema” penelitian, pendidikan, dan penerapan mipa serta peranannya dalam peningkatan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan” yang diselenggarakanoleh fakultasmatematika dan ilmu pengetahuan alam uny, yogyakarta. 186.
Suparno, P., 2015. Penyiapan Calon Guru Fisika SMA Yang Saintifik Dan Berkarakter Melalui Praktikum. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, Yogyakarta. ISSN : 0853-0823. 110.
Santoso, E., 2010. Tesis Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Surakarta. 23.
Yulianti, F., 2018. Peningkatan Keterampilan Guru Membuat Powerpoint Melalui In House Training di SD Negeri Pabuaran. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11 (3), 99-114.
Yenni., 2017. Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Efektif Pada Mata Kuliah Sbmm. JPPM. 10 (2). 133.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).