Pengembangan Modul Fisika Pada Materi Tekanan di MTsN

Sabaruddin Sabaruddin, Lula Nadia

Abstract


Pengembangan adalah proses atau cara yang dilakukan untuk mengembangkan sesuatu menjadi baik atau sempurna dalam pembelajaran, dimana siswa memahami konsep sendiri dengan menggunakan modul. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan bahan ajar. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk menghasilkan bahan ajar fisika pada pada pokok bahasan tekanan di MTsN Rukoh Banda Aceh. (2) untuk mengetahui kelayakan penggunaan bahan ajar yang dikembangkan di MTsN Rukoh Banda Aceh. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 MTsN Rukoh Banda Aceh. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis kuesioner dari dua pakar ahli mengenai bahan ajar dengan menggunakan modul yang dikembangkan menghasilkan persentase sebesar 75,33% dan tergolong dalam katagori layak. (2) Berdasarkan analisis angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan modul pada materi tekanan, diperoleh dengan rata-rata persentase yaitu 85,67%. Ini berarti bahwa belajar dengan menggunakan modul termasuk kategori tertarik. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Fisika pokok bahasan tekanan untuk siswa MTsN kelas VIII.

Full Text:

PDF

References


Kasan, Tholib. 2005. Studi Pres, Jakarta, hal.1.

Djamarah, Bahri, Syaiful dan Zain, Aswan. 2006. Rineka Cipta. Jakarta, hal. 10.

Sriyono, dkk. 1992. . Rineka Cipta. Jakarta.

Hamalik Oemar. 1999. . Bumi Aksara. Jakarta.

Maha Ramly. 2007. . Yayasan pena. Banda Aceh.

Pengertian-fungsi-dan-tujuan-penulisan, ( ) diakses melalui situs: /2010/06

Suryosubroto, B. 1987. Bina Aksara. Yokyakarta.

Sugiyono. 2008. . Alfabeta. Bandung.

http://www.Slideshare.net /06091008010 diakses tanggal 15

September 2012.

Muslich, Masnur dan Maryaeni. 2010. . Bumi Aksara Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v2019i2.7441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats