Pengembangan Modul Fisika Pada Materi Tekanan di MTsN
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v5i2.7441Abstract
Pengembangan adalah proses atau cara yang dilakukan untuk mengembangkan sesuatu menjadi baik atau sempurna dalam pembelajaran, dimana siswa memahami konsep sendiri dengan menggunakan modul. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan bahan ajar. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk menghasilkan bahan ajar fisika pada pada pokok bahasan tekanan di MTsN Rukoh Banda Aceh. (2) untuk mengetahui kelayakan penggunaan bahan ajar yang dikembangkan di MTsN Rukoh Banda Aceh. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 MTsN Rukoh Banda Aceh. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis kuesioner dari dua pakar ahli mengenai bahan ajar dengan menggunakan modul yang dikembangkan menghasilkan persentase sebesar 75,33% dan tergolong dalam katagori layak. (2) Berdasarkan analisis angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan modul pada materi tekanan, diperoleh dengan rata-rata persentase yaitu 85,67%. Ini berarti bahwa belajar dengan menggunakan modul termasuk kategori tertarik. Dengan demikian bahan ajar yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Fisika pokok bahasan tekanan untuk siswa MTsN kelas VIII.References
Kasan, Tholib. 2005. Studi Pres, Jakarta, hal.1.
Djamarah, Bahri, Syaiful dan Zain, Aswan. 2006. Rineka Cipta. Jakarta, hal. 10.
Sriyono, dkk. 1992. . Rineka Cipta. Jakarta.
Hamalik Oemar. 1999. . Bumi Aksara. Jakarta.
Maha Ramly. 2007. . Yayasan pena. Banda Aceh.
Pengertian-fungsi-dan-tujuan-penulisan, ( ) diakses melalui situs: /2010/06
Suryosubroto, B. 1987. Bina Aksara. Yokyakarta.
Sugiyono. 2008. . Alfabeta. Bandung.
http://www.Slideshare.net /06091008010 diakses tanggal 15
September 2012.
Muslich, Masnur dan Maryaeni. 2010. . Bumi Aksara Jakarta.
Downloads
Published
2020-07-16
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).