Penerapan Model TGT (Teams Game Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemuaian

Sarliyadi Sarliyadi, Sabaruddin Sabaruddin, Samsun Bahri

Abstract


Hasil belajar fisika siswa kelas X pada umumnya masih rendah, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi hal ini, maka diperlukan usaha yaitu menerapkan model pembelajaran yang dapat sesuai dengan kondisi dikelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada materi pemuaian di MAS Babun Najah Banda Aceh meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament)? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonrandomized Control group Pretest-Postest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli dan uji coba pada siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu ujinormalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada materi pemuaian dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 9,44 > 1,68 pada taraf signifikansi α = 0,05 yang berarti Ha diterima dengan nilai rata-rata sebesar 80,36. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi pemuaian kelas X MIA 4 semester genap tahun ajaran 2015/2016 di MAS Babun Najah Banda Aceh.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament), Hasil Belajar, Materi Pemuaian

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atika Febrina Sianturi dan Rappel Situmorang. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT Berbantu Kartu

Soal Terhsdsp Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Bunyi Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Percut Sei

Tian T.P. 2012/2013. Jurnal INPAFI. Vol.1, No.2. Juni 2013.

Betty M. Turnip dan Iriana Fratiwi Turnip. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT disertai Joyfull

Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal INPAFI. Edisi 2. No.2. Mei 2004.

Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

David Halliday dan Robert Resnick.1985. Fisika Edisi ke 3 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Devi Nur Afifah dan Hermin Budiningarti. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Teknik Firing Line

terhadap Hasil Belajar siswa Pada Materi Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 3 Madiun. Jurnal Inovasi Pendidikan

Fisika.Vol. 02. No. 02. Tahun 2013.

Dimyanti,dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Enika Yunika Putri. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Game Tournament) untuk

Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tlompakan

III Kecamatan Tuntang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 2011.

Ganti Depari. Pembelajaran Kooperartif Teams Games Tournament dan Learning Cycle pada Mata Pelajaran

Elektronika. Digita. Invotec. Vol. VII. No. 2. Agustus 2011.

Hugh D. Young dan Roger A. Freedmann. 2002. Fisika Universitas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Husna, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning: Metode Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Mila Sariyanti dan Hermin Budiningarti. Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournament)

Disertai Tugas Terbuka (Open Ended) yang Diorientasika dengan Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Kelas X SMA N 15Surabaya Topik Fluida Statis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 04. No.

Mei 2015.

Reena Agarwal and Nandita Nagar. 2011. Cooperatif Learning.Delhi: Kalpaz Publication.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Prifesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E.2005. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik, London: Allymand Bacon.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugioyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Syafaruddin dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 3 Pendidikan Disiplin Ilmu.

Jakarta: PT Grasindo.

Tripler, Paul A. 1998. Fisika: untuk Sains dan Teknik Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Tritanto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada

KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winastawan Gora dan Sunarto. 2003. Pakematik Strategi Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media

Komputindo.

Yessy Nur Endah Sari. 2015. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v2018i1.7449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats