Meta Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Fisika Menurut Teori Polya
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v7i2.7617Keywords:
Kesulitan peserta didik, Teori Polya, Meta-AnalisisAbstract
Kesulitan belajar adalah suatu keadaan dimana peserta didik mengalami kesulitan tertentu dalam menjalani suatu proses pembelajaran. Adapun Tujuan penelitian adalah menganalisis penelitian-penelitian yang berkaitan kesulitan peserta didik dalam memecahkan soal-soal fisika berbentuk soal cerita menurut tahapan pemecahan teori polya, yaitu: langkah pemecahan soal, rencana penyelesaian, pelaksanaan rencana, dan peninjauan kembali. Rancangan penelitian ini adalah meta analisis terhadap hasil-hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dengan menggunakan 5 artikel penelitian sebelumya dan dianalisis kelima artikel tersebut. Hasil penelitian diperoleh (1) pada tahap pemahaman soal, peserta didik banyak yang dapat memahami soal yang diberikan, (2) pada tahap rencana penyelesaian, peserta didik yang mengalami kesulitan pada saat penyelesaian soal, (3) pada tahap pelaksanaan rencana, pada umumnya peserta didik pengalami kesulitan, (4) selanjutnya tahap peninjauan kembali, peserta didik umumnya mengalami kesulitan pada tahap pengecekan ulang soal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang sering dihadapi peserta didik ketika menyelesaiakan soal-soal fisika adalah pada tahap pelaksanaan rencana dan peninjauan kembali. Sedangkan pada tahap pemahaman soal dan rencana penyelesaian peserta didik tidak terlalu mengalami kesulitan. Oleh karena itu diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat lebih memperhatikan tahapan teori polya dalam menyelesaikan soal-soal fisika.References
Alamsyah, Mansyur. J., Kade, A. 2018. Analisis Kesulitan siswa dalam memecahkan soal fisika SMP pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Tadakulo (JPFT). Vol. 6(1), 40-43.
Andriani, N.L.Y., dkk. 2016. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(3), 36-41.
Annuru, M.P. 2018. Artikel Meta-Analisis Sripsi Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Utan Tentang Pelaksanaan Remediasi Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa. FKIP Utan, Pontianak.
Boisandi, Darmawan, H. 2017. Meta Analisis Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Kontruktivisme pada Materi Fisika Di Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 06(2), 179-185.
Darsa, D.Y. Artikel Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika dengan teori Polya pada materi kalor kelas XI SMAN 3 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry, Banda aceh.
Faisi, M. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta, Diva Prees.
Hidayatullah, A. Artikel Analisis Kesulitan Belajar Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke dalam penyelesaian soal-soal Fisika. Mataram.
Haspen, C.D.T., Festiyed. 2019. Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Ingkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 5(2), 180-187.
Irham, M., Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan. Yoyakarta, Ar-Ruszz Media.
Hasana, N. 2016. Skripsi Meta-Analisis Kualitatif Skripsi Mahasiswa Berbasis Ingkuiri Database Biologi Unnes 2014. Semarang.
Musdalifah. 2017. Skripsi Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Pada Materi Kalor Berdasarkan Teori Polya Di Kelas X SMAN 2 Teluk Dalam. Banda Aceh.
Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Mansyur, Iskandar, A. 2017. Meta Analisis Karya Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Evalusai Pendidiika. Jurnal Scientifoc Pinisi. 3(1), 72-79.
Jiwanto, I.N. 2012. Artikel Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Menurut Polya. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakrta.
Wena, M. 2013. Srategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta, Bumi Aksara.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).