E-Modul Termodinamika Berbasis Flipbook Maker
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v5i2.7752Keywords:
E-Modul, Termodinamika, Flipbook MakerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul dalam materi termodinamika untuk keperluan dalam proses pembelajaran di tingkat sekolah menengah. Dengan e-modul ini diharapkan dapat memperkaya bahan ajar dan menjadi alternatif bahan ajar yang telah ada sehingga pembelajaran di sekolah menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Design and Development Research (DDR) dengan model pengembangan dalam penelitian ini diadopsi oleh Alessi dan Trollip. Model ini terdiri dari 3 tahapan meliputi (1) Planning, (2) Design, dan (3) Development. Pengembangan bahan ajar e-modul termodinamika berbasis Flipbook Maker yang telah dikembangkan, dievaluasi/validasi oleh oleh empat orang dosen ahli yakni dua ahli media dan dua ahli materi. Setelah melakukan uji kelayakan terhadap e-modul Termodinamika berbasis Flipbook Maker menggunakan uji validasi dengan lembar validasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media maka diidapatkan hasil persentase 86,36% untuk media dan 93% untuk materi.References
Alessi & Trollip. 2001. Multimedia for Learning: Methods and Development. Massachussets: A Person Education.
Bakria, Fauzi, dkk. 2016, Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional. Jurnal Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Vol 2(2), 113.
Didik, Lalu. A & Aulia, Fitratul. 2019. Analisa Tingkat Pemahaman dan Miskonsepsi Pada Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choice sDiagnostic: Jurnal Phenomenon. Vol 9(9), 100.
Edi Wibowo & Dona Dinda Pratiwi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Jurnal Matematika. Vol. 1(2), 154.
Ghofur, Abdul & Kustijono, Rudy. 2015. Pengembangan E-Book Berbasis Flash Kvisoft Flipbook Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Sebagai Sarana Belajar Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 4(2), 177.
Haryanti, Fhina & Sapuro, Bagus Ardi. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga. Jurnal pendidikan matematika. Vol 1(2), 160.
Mulyaningsih, Neng Nenden & Saraswati, Dandan Luhur. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan fisika. Vol 5(1), 26.
Mulyani, Sri., Gani, A., Syukri, M., Tarmizi, Elisa, Nurhasanah dan Fajriani. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Alat-Alat Optik Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kontekstual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 8(1), 105.
Wagiran. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).