E-Modul Termodinamika Berbasis Flipbook Maker

Widya An Nisa Mukramah, Mulyadi Abdul Wahid, Misbahul Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul dalam materi termodinamika untuk keperluan dalam proses pembelajaran di tingkat sekolah menengah. Dengan e-modul ini diharapkan dapat memperkaya bahan ajar dan menjadi alternatif bahan ajar yang telah ada sehingga pembelajaran di sekolah menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Design and Development Research (DDR) dengan model pengembangan dalam penelitian ini diadopsi oleh Alessi dan Trollip. Model ini terdiri dari 3 tahapan meliputi (1) Planning, (2) Design, dan (3) Development. Pengembangan bahan ajar e-modul termodinamika berbasis Flipbook Maker yang telah dikembangkan, dievaluasi/validasi oleh oleh empat orang dosen ahli yakni dua ahli media dan dua ahli materi. Setelah melakukan uji kelayakan terhadap e-modul Termodinamika berbasis Flipbook Maker menggunakan uji validasi dengan lembar validasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media maka diidapatkan hasil persentase 86,36% untuk media dan 93% untuk materi.

Keywords


E-Modul; Termodinamika; Flipbook Maker

Full Text:

PDF

References


Alessi & Trollip. 2001. Multimedia for Learning: Methods and Development. Massachussets: A Person Education.

Bakria, Fauzi, dkk. 2016, Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional. Jurnal Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Vol 2(2), 113.

Didik, Lalu. A & Aulia, Fitratul. 2019. Analisa Tingkat Pemahaman dan Miskonsepsi Pada Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choice sDiagnostic: Jurnal Phenomenon. Vol 9(9), 100.

Edi Wibowo & Dona Dinda Pratiwi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Jurnal Matematika. Vol. 1(2), 154.

Ghofur, Abdul & Kustijono, Rudy. 2015. Pengembangan E-Book Berbasis Flash Kvisoft Flipbook Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Sebagai Sarana Belajar Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 4(2), 177.

Haryanti, Fhina & Sapuro, Bagus Ardi. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga. Jurnal pendidikan matematika. Vol 1(2), 160.

Mulyaningsih, Neng Nenden & Saraswati, Dandan Luhur. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan fisika. Vol 5(1), 26.

Mulyani, Sri., Gani, A., Syukri, M., Tarmizi, Elisa, Nurhasanah dan Fajriani. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Alat-Alat Optik Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kontekstual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 8(1), 105.

Wagiran. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v1i3.7752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats