Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami Pada Materi Cahaya dan Alat Optik di SMP/MTs

Ayu Sarah Mursida, Misbahul Jannah, Mulyadi Abdul Wahid

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh belum adanya pengembangan secara khusus bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami pada SMP/MTs maka penulis tertarik untuk mewujudkannya walaupun hanya dalam satu materi saja yaitu cahaya dan alat optik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain bahan ajar fisika berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) menggunakan kerangka ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah terwujudnya sebuah dokumen bahan ajar berbasis Contexual Teaching and Learning dan nilai Islami ini menggunakan strategi sains Islami. Hasil ini juga terlah diverivikasi dan dinilai oleh ahli, diantaranya ahli substansimateri dan ahli desain media. Didapatkan bahwabahan ajar yang dihasilkan termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil penilaian kualitas bahan ajar dari ahli materi mencapai 90% dan dari ahli desain 82%. Selain itu, respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami pun berada pada kategori tertarik yaitu 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMP/MTs.

Keywords


Bahan Ajar; Contextual Teaching and Learning; Nilai Islami; ADDIE

Full Text:

PDF PDF

References


Branch,R.M, Instructional Design : The ADDIE Approach (London: Springer Science, 2009), h. 58

Paristiowati, M., Ratna, I., Aftuni, 2011. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ICT Pada Mata Pelajaran IPA-Kimia SMP, Jakarta: Jurnal Riset Pendidikan Kimia Vol. 1, 45.

Rusdi, M., 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: Rajawali.

Sadia Wayan, 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Kontruktivisme. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soleha dan Rada, 2011. Ilmu Pendidika Islam. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, F., 2015. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Contextual Teaching Learning untuk Mengefektifkan Pembelajaran Bagi Siswa SMA, Jember : FENOMENA Vol. 7, 148.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto Suharsimi, 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Menengah. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardoyo, G.A, An’nur, S., Salam, A., 2017. Pengembangan Media Ajar Berbasis Multi Media Audio Visual Pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol.1, 86.

Widodo, 2007. Konstruktivisme dan Pembelajaran Sains. Bandung: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 13.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v2i1.8773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats