التقييم ونجاح تعليم اللغة العربية

Tri Qurnati

Abstract


Kemajuan ataupun keterpurukan suatu negara tergantung pada proses pendidikan dan pengajaran. Karena begitu besarnya peranan proses ini، para guru dan pendidik harus memberi perhatian terhadapnya. Diantara indikasi adanya perhatian para guru terhadap proses tersebut, mereka mengetahui tujuan pembelajaran، benar-benar menguasai materi pelajaran yang akan disajikan، mengetahui alokasi waktu yang tersedia untuknya, mampu memilih metode dan media yang sesuai، serta mampu melaksanakan evaluasi yang memenuhi syarat dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penulis mendalami masalah evaluasi karena ia merupakan salah satu sarana mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Dengan evaluasi dapat diketahui hasil proses pembelajaran. Dengan demikian para guru dapat mengetahui titik lemah kerjanya hingga ia dapat mengatasinya. Penulis ingin mengungkapkan peranan dan urgensi evaluasi dalam keberhasilan pembelajaran Bahasa Arab pada makalah ini. Juga mencari jawaban terhadap pertanyaan bagaimana pembelajaran Bahasa Arab dengan ada atau tidak adanya evaluasi. Evaluasi yang dimaksud dalam makalah ini adalah evaluasi yang terkait dengan hasil belajar. Karena itu، pembahasan ini terkait erat dengan guru. Disini tidak dibahas evaluasi yang tidak terkait dengan proses pembelajaran. Diantara manfaat evaluasi adalah guru dapat mengetahui sejauh mana penguasaan peserta didik terhadap materi pembelajaran، dapat menjadi reinforcement، dapat menjadi feed back، dapat mengatasi kendala dalam proses pembelajaran. Pengabaian evaluasi dapat berdampak pada ketidak berhasilan proses pembelajaran.


Keywords


Evaluasi, Pengajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


أ‌- المراجع العربية

ابراهيم بسيونى عميرة وفتحى الدين، 1979، تدريس العلوم والتربية العملية، دار المعارف.

أحمد شلبى، 1980، تعليم اللغة العربية لغير العرب،مكتبة النهضة المصرية.

محمد أشرف المكأوى، 2006، اساسيات المناهج، الطبعة الثانية، الرياض، دار النشر الدولي.

محمد على الخولى، 1982، أساليب تدريس اللغة العربية، ألرياض، دار العلوم.

محمد زياد حمدان، 1980، تقييم التعلم أسسه و تطبيقاته، دار الملايين.

رشدي أحمد طعيمة، 1986، المرجع في تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخري، مكة المكرمة، معهد اللغة العربية وحدة البحوث والمناهج.

ب‌- المراجع الإندونيسية

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

Depag. R.I. Proses Belajar Mengajar, jilid IA، Jakart: Depag. R.I. 1986

Kasful Anwar Us dan Hendra Harmi, Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan، Jakarta:، Bumi Aksara, 2012

Wirawan, Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi Dan Profesi، Jakarta: Rajagrafindo, 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ls.v3i1.3758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Tri Qurnati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2024/2025, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter