تطوير الوسائل التعليمية في درس البلاغة باسخدام برنامج لكطورا اينسبير

Mabruroh Mabruroh, Aulia Gustiana

Abstract


Bahasa Arab di era pra-Islam terhadap sastra dalam puisi dan prosa mencapai tigkat kemajuan, yang memiliki perbedaan tingkatan pada susunan kata dan tata cara penyusunannya, dan tingkatan ini disebut dengan ilmu Balaghoh. Aturan-aturan pada ilmu Balaghoh ada tiga, yaitu Ilmu Ma’any, Ilmu Bayan, dan Ilmu Badi’. Kurikulum di Pondok Modern Darussalam Gontor pada pelajaran Balaghoh pertama Ilmu Bayan, Ilmu Ma’any, Ilmu Badi’. Siswi kelas 3 Intensif Kuliyyatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyyah merupakan awal pengajaran pelajaran Balaghoh pada Ilmu Bayan, untuk mendorong atau memotivasi anak dalam belajaran bahasa Arab, dan tujuan tingkat bahasa Pondok Modern Darussalam Gontor yaitu untuk memunculkan minat dan kemauan anak dalam belajar bahasa Arab dan belajar Ilmu Bayan dan pemakaian ekspresi bahasa. Adapun kecenderungan siswi dan kemampuan mereka dalam belajar Balaghoh, peneliti mendapatkan bahwa nilai ujian tertulis rendah, karena siswi menghadapi beberapa masalah dalam pembelajaran mereka, yakni mereka merasakan kesulitan belajar dan kebosanan, yang mengarahkan pada keinginan mereka dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memutuskan untuk mendesain media pembelajaran menggunakan program Lectora Inspire, untuk menambahkan minat siswa kelas 3 Intensif dalam belajar pelajaran Balaghoh.


Keywords


Media Pembelajaran, Pelajaran Baaghoh, Program Lectora Inspire

Full Text:

PDF

References


إبراهيم محمد عطا. 1416. طرق تدريس اللغة العربية والتربية الدينية، القاهرة: مكتبة النهضة المصرية.

إمام أسراري. 1426. الوسائل المعيّنات. مالانج: المعهد العالى لفن التدريس وعلوم التربية

حسين حمدي الطوبحى. 1987. وسائل والتكنولوجيا في التعليم. الكويت: جامعة انديانا.

عبد المنعم سيّد عبد العال. طرق تدريس اللغة العربية. القاهرة: دار الغريب.

محمد إبراهيم الخطيب. 1424. طرائق تعليم اللغة العربية. الرياض: مكتبة التوبة.

وليد أحمد جابر. 1423. تدريس اللغة العربية مفاهيم نظرية وتطبيقات عملية. الأردن: دار الفكر للطباعة والنشر والتوزيع.

Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Adelina Hasyim. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Ali Mudlofir.2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Direktur KMI, Imam Zarkasyi. Diktat Pekan Perkenalan Pondok Modern Darussalam Gontor. Gontor: Darussalam Press

Muhammad Mas’ud, Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan XXV. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ls.v10i1.7801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mabruroh Mabruroh, Aulia Gustiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2022/2023, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter