KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI DAYAH DI KOTA BANDA ACEH
Abstract
Kemahiran berbicara merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa modern termasuk bahasa Arab.Di dalam berkomunikasi melalui bahasa, kata merupakan kunci yang ikut menentukan lancar tidaknya komunikasi tersebut. Jika kata-kata yang dimiliki atau perbendaharaan kata/kosa kata sedikit, maka akan sering mengalami kesulitan dalam mendengarkan percakapan atau pembicaraan yang diucapkan. Penguasaan kosa kata adalah suatu hal yang utama untuk dipelajari dan sebagai syarat bagi mereka yang ingin mahir dalam berbahasa, apabila penguasaan kosa kata tersebut adalah penguasaan aktif maka kemungkinan akan semakin mahir pula dalam berbicara bahasa Arab.
Keywords
Mufradat, Kemahiran, Santri Dayah
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Chaer, Psikolinguistik Kajian Teoritik, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Ahmad Fuad Effendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2004
Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1999
Henri Guntur Tarigan, Pengajaran Kosa Kata, Bandung: Angkasa, 1986
Muljanto Sumardi, Pengajaran bahasa Asing: Sebuah Tinjauan dari segi Metodologi, Jakarta: Bulan Bintang,1974
Radliyah Zaenuddin, Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005
Sri Utami Subyakto Nababan, Metodologi Pengajaran Bahasa, Jakarta: Gramedia, 1997
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/l.v5i1.860
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Syarifuddin Hasyim
License URL: jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/860