FAKTOR-FAKTOR KORELASIONAL AL-QUDRAH AL-ISTIJWABIYAH (KARAKTER REFLEKTIF) DENGAN MAHARAT AL-KALAM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA) PADA PTAIN DI ACEH
Abstract
Orientasi studi pembelajaran bahasa Arab di lingkungan PTAIN di Aceh tampak masih sangat ambiguantara aspek kemahiran dankeilmuan. apakah bahasa Arab diposisikan sebagai studi keterampilan yang berorientasi pada pemahiran mahasiswa/i dalam konteks penguasaan keterampilan bahasa secara baik dan benar? Atau bahasa Arab diposisikan sebagai disiplin ilmu yang berorientasi kepada kerangka epistimologi, subtansi, dan metodologi. Dapat diasumsikan bahwa salah satu kelemahan dan kekurangan kemahiran kalām pada mahasiswa/i PTAIN di Aceh selama ini adalah kurangnya latihan lisan secara intensif, berakibat pada masih dijumpai mahasiswa/i belum mempunyai al-qudrah al-istijwābiyyah (karakter reflektif) sehingga berdampak pada kemahiran kalām yang mutunya terus mengalami degradasi dan kurang berbobot.yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah korelasi antara kekayaan mufradat (X1), penguasaan qawā`id al-nahwi wa qawā`id al-sarfi (X2), Mahārat al- istimā`(X3), Mahārat al-qirāah (X4), serta konfident (X5) dengan karakter reflektif (Y1) terhadap mahārat al-kalām (Y2)(2) Adakah korelasi yang signifikan antara al-qudrah al-istijwābiyyah (Y1) terhadap mahārat al-kalām (Y2) ?,(3) Bagaimanakah gambaran faktor-faktor al-qudrah al-istijwābiyyah (karakter reflektif) dalam mahārah al-kalām ?(4) Bagaimana gambaran mahārat al-kalām pada mahasiswa/i program studi pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada PTAIN di Aceh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kuantitatif deskriptif dalam bentuk korelasional untuk mengkaji hubungan baik secara langsung ataupun tidak langsung. Penelitian korelasi ini berupaya menjelaskan ada tidaknya hubungan-hubungan tersebut antara 5 variable X dan 2 variable Y berdasarkan besar kecilnya koefesien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi antara kekayaan mufradat(X1), penguasaan qawā`id al-nahwi wa qawā`id al-sarfi (X2), Mahārat al- istimā`(X3), Mahārat al-qirāah (X4), serta konfident (X5) dengan mahȃrat al-kalȃm. Besarnya korelasi ( R ) antara variabelX1, X2, X3, X4, X5 dengan Y1sebesar 0.702, mendekati nilai 1 artinya hubungan antara variabel-variabel independen dan dependen sangat erat atau sangat signifikan.Yang menjadi hubungan (r) dan Sumbangan (r2) dimana variabel independen (x) dengan dependen (y) memiliki hubungan (r) = 0,699 dan memiliki sumbangan (r2) =0,488. sementara variabel Karakter reflektif (y1) terhadap mahārat al- kalām (y2) mempunyai hubungan (r) = 719, sumbangan (r2) = 0,517. Antara variabel (y1) terhadap (y2) memiliki hubungan (r)=0 ,743 dan sumbangan (r2)= 0,552.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
‘Abd al-Fattah Jalal, Azas-Azas Pendidikan Islam, Terj. Hery Noer Aly, Bandung: Diponegoro, 1988.
‘Abd al-Rahman al-Nahlawi, Usul al-Tarbiyyat al-Islamiyyah wa Asalibuha fi al-Baytwa al-Madrasah wa al-Mujtama‘, Terj. Herry Noer Aly, Bandung: Diponegoro, 1996.
‘Abd al-Rahman Saleh ‘Abdullah, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an, Terj. M. Arifin dan Zainuddin, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.
‘Ali Asyraf, Horison Baru Pendidikan Islam, Terj. Sori Siregar, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996.
‘Abdullah Idi, Pengembangan KurikulumTeori dan Praktek, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.
Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Cet. Ke-4, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999.
Ahmad, al-Mabruk Utsman, Turuq al- Tadris Wafqa al-Manahij al-Haditsah. Tripoli: Mansyurat Kulliyat al-Dakwah al-Islamiyah, 1987.
Al-‘Arabi, Salah ‘Abd al-Majid, Ta’allum al-Lughah al-Hayyah wa Ta’allumuha Baina al-Nazariyyah wa al-Tatbiq, Beirut: Maktabah Lubnan, Cet. Ke-1,1981.
Al-Busyiro dkk, Relegius Iptek: Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pasantren, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
Al-Damardasyi dan Munir Kamil, al-Manahij, Kairo: Dar al-‘Ulum li it-Tiba‘ah, 1968.
Alwasilah, Chaedar dan Furqanul Aziz, Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Praktik, Bandung: Rosdakarya, Cet. Ke-1, 1996.
Amir, Fakhruddin, Turuq al-Tadris al-Khassah bi al-Lughah al-Arabiyyah wa al-Tarbiyah al-Diniyyah, Kairo: ‘Alam al-Kutub, Cet. II, 2000.
Arifin, M., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
……....,Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
……....,Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Azyumardi Azra,Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.
Badri, Kamal Ibrahim dan Mamduh Nur al-Din, Usus Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah, li Ghair al-Natiqina Biha, dalam Jurnal al-Muwajjih, Jakarta: LIPIA, Edisi I, 1987.
Badri, Kamal Ibrahim, Ta’lim al-Lugah al-Ajnabiyyah”, dalam Jurnal al-Muwajjih, Jakarta: LIPIA, Edisi III, 1990.
Beane, A, James., et al., Curriculum Planning and Development, Boston: Allyn and Bacon, 1986.
Brown, H. Douglas, Usus Ta`allum al-Lughah wa Ta’limuha, Terj. The Principles of Language Learning and Teaching oleh ‘Abdul al-Rajihi dan ‘Ali Ahmad Sya`bani, Bairut: Dar al-Nahdah al-`Arabiyyah, 1994.
Cik Hasan Bisri, Agenda Pengembangan Pendidikan Tinggi Agama Islam, Jakarta: Logos, 1999.
Departemen Agama Republik Indonesia, Statuta IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 1993.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999.
Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri, Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia, 2000.
Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma‘arif, 1980.
Subandijah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1993.
……....,Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: al-HusnaZikra, 1995.
Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/l.v5i1.862
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Nurmasyithah Syamaun
License URL: jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/862