REFORMULASI KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH BERBASIS KOMPETENSI MERUJUK PADA KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI); Upaya Menciptakan Kualitas Lulusan yang Profesional dan Berkarakter Islami.

Buhori Muslim

Abstract


Dalam proses kependidikan, kurikulum bukanlah suatu hal yang statis. Konsep kurikulum dapat dirubah sesuai dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan serta orientasi masyarakat, serta adanya regulasi dan kebijakan dari pemerintah tentang pengembangan kurikulum. Berdasarkan fenomena tersebut, maka pengembangan kurikulum prodi PBA ke arah yang lebih baik dan profesional mutlak diperlukan. Reformulasi kurikulum prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry dilakukan adalah perintah dari pasal 29 Undang Undang Pendidikan Tinggi Nomor 12 tahun 2012 dan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi. Konsep pengembangan kurikulum prodi PBA yang dilakukan adalah berbasis kompetensi mengacu pada KKNI. Dalam pengembangannya diformulasi visi, misi, deskripsi profil lulusan, cakupan bidang kajian dan mata kuliah, serta pembangunan keilmuan diarahkan pada bingkai KKNI sebagai usaha menghasilkan kualitas lulusan yang profesional di bidang pendidikan bahasa Arab dan memiliki nilai-nilai keimanan yang tercermin dalam perilakunya. Dengan formulasi kurikulum ini, prodi PBA akan konsisten melahirkan kualitas lulusan yang berkualitas dalam persaingan global.

Keywords


Reformulasi Kurikulum, KKNI, Profil Lulusan

Full Text:

PDF

References


Cik Hasan Bisri, Agenda Pengembangan Pendidikan Tinggi Agama Islam, (Jakarta: Logos, 1999)

James A. Beane, et al., Curriculum Planning and Development, (Boston: Allyn and Bacon, 1986)

M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)

Noah Vebster, Webster’s New Twentieth Century Dictonrary of The English Language (New York: Simon & Schuster 1979)

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999)

Oemar Hamalik, Pengembangan Kurikulum: Dasar-dasar dan Perkembangannya, (Bandung: Mandar Maju, 1990)

Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Program Studi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014

Panduan Akademik Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Tahun Akademik 2014/2015

Permen Ristek dan Dikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 73 tahun 2013

Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional

Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Racma Hasibuan, “Makalah Sinkronisasi dan Standarisasi Capaian Pembelajaran Prodi PGRA berbasis KKNI,” Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel, Surabaya, 2014

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Yahya Hamid Hamdan dan Jabir ‘Abdul Hamid Jabir, al-manahij: Ususuha, takhtitutha, taqwinuha, (Kairo: Dar al-Nahdah al-‘Arabiyyah, 1978)

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/l.v6i2.870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Buhori Muslim

License URL: http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/870