تطوير الوسائل التعليمية في درس البلاغة باسخدام برنامج لكطورا اينسبير
DOI:
https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7801Keywords:
Media Pembelajaran, Pelajaran Baaghoh, Program Lectora InspireAbstract
Bahasa Arab di era pra-Islam terhadap sastra dalam puisi dan prosa mencapai tigkat kemajuan, yang memiliki perbedaan tingkatan pada susunan kata dan tata cara penyusunannya, dan tingkatan ini disebut dengan ilmu Balaghoh. Aturan-aturan pada ilmu Balaghoh ada tiga, yaitu Ilmu Ma’any, Ilmu Bayan, dan Ilmu Badi’. Kurikulum di Pondok Modern Darussalam Gontor pada pelajaran Balaghoh pertama Ilmu Bayan, Ilmu Ma’any, Ilmu Badi’. Siswi kelas 3 Intensif Kuliyyatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyyah merupakan awal pengajaran pelajaran Balaghoh pada Ilmu Bayan, untuk mendorong atau memotivasi anak dalam belajaran bahasa Arab, dan tujuan tingkat bahasa Pondok Modern Darussalam Gontor yaitu untuk memunculkan minat dan kemauan anak dalam belajar bahasa Arab dan belajar Ilmu Bayan dan pemakaian ekspresi bahasa. Adapun kecenderungan siswi dan kemampuan mereka dalam belajar Balaghoh, peneliti mendapatkan bahwa nilai ujian tertulis rendah, karena siswi menghadapi beberapa masalah dalam pembelajaran mereka, yakni mereka merasakan kesulitan belajar dan kebosanan, yang mengarahkan pada keinginan mereka dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memutuskan untuk mendesain media pembelajaran menggunakan program Lectora Inspire, untuk menambahkan minat siswa kelas 3 Intensif dalam belajar pelajaran Balaghoh.
References
إبراهيم محمد عطا. 1416. طرق تدريس اللغة العربية والتربية الدينية، القاهرة: مكتبة النهضة المصرية.
إمام أسراري. 1426. الوسائل المعيّنات. مالانج: المعهد العالى لفن التدريس وعلوم التربية
حسين حمدي الطوبحى. 1987. وسائل والتكنولوجيا في التعليم. الكويت: جامعة انديانا.
عبد المنعم سيّد عبد العال. طرق تدريس اللغة العربية. القاهرة: دار الغريب.
محمد إبراهيم الخطيب. 1424. طرائق تعليم اللغة العربية. الرياض: مكتبة التوبة.
وليد أحمد جابر. 1423. تدريس اللغة العربية مفاهيم نظرية وتطبيقات عملية. الأردن: دار الفكر للطباعة والنشر والتوزيع.
Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Adelina Hasyim. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Ali Mudlofir.2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Direktur KMI, Imam Zarkasyi. Diktat Pekan Perkenalan Pondok Modern Darussalam Gontor. Gontor: Darussalam Press
Muhammad Mas’ud, Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan XXV. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
1.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
1.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
2.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
2.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).