KONSEP SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI (Upaya Meningkatkan Produktivitas, Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran)
DOI:
https://doi.org/10.22373/l.v5i1.858Keywords:
Pembelajaran Bahasa Arab, Scientific ApproachAbstract
Dalam sistem pendidikan di perguruan tinggi lebih banyak didominasi oleh dosen (teacher center), sehingga aktivitas dan kreativitas mahasiswa terbelenggu dan tidak berkembang. Oleh karena itu harus berubah menjadi proses pembelajaran yang banyak melibatkan mahasiswa (student center), sehingga potensi dan kreativitas mahasiswa dapat berkembang.Untuk itu sangat dituntut munculnya kreativitas untuk merancang strategi pembelajaran bahasa Arab yang lebih kreatif, produktif dan inovatif, yaitu dengan menerapkan scientific approach (pendekatan ilmiah).Pendekatan pembelajaran ini berpengaruh secara langsung terhadap aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa.Proses pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan ilmiah ini menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses pembelajaran ini harus terhindar dari sifat-sifat atau nilai-nilai non-ilmiah. Oleh karena itu, strategi atau model pembelajaran bahasa Arab berbasis ilmiah harus lebih ditekankan pada aspek sikap ilmiah yang dibaringi dengan aktivitas akademik kognitif baik secara individu maupun kolektif, dan pada akhirnya akan mewujudkan suatu keterampilan (skill) yang komprehensif dan profesional. Model pembelajaran bahasa Arab komunikatif-elektif, komunikatif-koperatif,komunikatif-kontekstual,komunikatif-quantum,dan problem solving dapat dijadikan sebagai model utama dalam pembelajaran bahasa Arab yang lebih berkualitas dan dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam menguasai dan mengembangkan bahasa Arab secara individual dan kolektif.References
DAFTAR PUSTAKA
Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, cet. IV, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Ahmad Izzan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung, Humaniora, 2009
http://munawarmadina.blogspot.com/2014/04/model-model-pembelajaran-bahasa-arab.html, diakses tanggal 3 Oktober 2014
Ahmad Fauzi, “Teknik Pembelajaran Bahasa Arabâ€, (makalah online), diakses tanggal 4 Oktober 2014
Kokom Komalasari, Pembelajaran Kontekstual Cet I Bandung: Refika Aditama, 2010
M. Hosnan, Pendekatan Saitifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21, (Ghalia Indonesia: Bogor, 2014
http://egamustad.blogspot.com/2010/07/pendekatan-all-in-one-system.html, diakses pada tanggal 3 Oktober 2014
http://hadirukiyah2.blogspot.com/2010/01/inovasi-pembelajaran-bahasa-arab.html, diakses tanggal 30 September 2011
http://duniakampus7.blogspot.com/2014/03/pendekatan-scientific-kurikulum-pai-2014.html, diakses tanggal 2 Oktober 2014
http://munawarmadina.blogspot.com/2014/04/model-model-pembelajaran-bahasa-arab.html, diakses tanggal 3 Oktober 2014
http://zakiyahmaulidia.blogspot.com/2013/05/inovasi-pembelajaran-bahasa-arab-dengan.html, diakses tanggal 25 September 2014
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
1.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
1.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
2.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
2.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).