Problematika Guru PAI Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di SMP Pahlawan Nasional Medan

Fitri Amelia Amelia, Asnil Aida Ritonga, Asnil Aida Ritonga

Abstract


Kurikulum Merdeka yang diterapkan di SMP Pahlawan Nasional Medan kelas VII saat ini masih menjadi problematika khususnya bagi guru PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka dan bagaimana solusi untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru PAI tersebut. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan data hasil observasi dan juga wawancara selama penelitian berlangsung sehingga menjadi informasi yang mudah dipahami dan menjadi data yang bermanfaat positif dalam dunia Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman guru PAI terhadap Kurikulum merdeka, sulitnya mengubah kebiasaan/mindset guru PAI terhadap kurikulum merdeka dan juga kurang responnya siswa terhadap pembelajaran. Kebaharuan dalam penelitian ini, upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi problematika guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka yaitu dengan melaksanakan seminar rutin setiap minggunya.


Keywords


Problematika, Guru PAI, Kurikulum Merdeka

References


Alviana, R. I. A. (2024). Analisis Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 1 Lambheu Kabupaten Aceh Besar. 2(3), 205–212.

Anisa Hariani, Kezia Nabila Puteri, H. D. S. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 686–692. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974

Aprilia, A., & Rosa, B. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Sebuah Kajian Historis). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 8(2), 159–168. https://doi.org/10.17509/t.v8i2.39858

Arbain Nurdin, M. U. D. (2021). HADIS TARBAWI : Nilai-nilai Pendidikan dalam hadis na

bi (Issue July).

Arifiani, I. K., & Umami, N. (2023). Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 872–878. https://doi.org/10.55681/ARMADA.V1I8.767

Bella, A. S. C. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 293. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2804

Chamisijatin, L., Pantiwati, Y., Zaenab, S., & Aldya, R. F. (2023). The implementation of projects for strengthening the profile of Pancasila students in the implementation of the independent learning curriculum. Journal of Community Service and Empowerment, 4(1), 38–48. https://doi.org/10.22219/JCSE.V4I1.24679

Dakwah, P., Rasyidi, R., Sultan Ageng Tirtayasa, U., Ratu Amalia Hayani, H., Ilmiah, W., & Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Mp. (2020). GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM, ANTARA PROFESI DAN PANGGILAN DAKWAH. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 6(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/9775

Darmayanti. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMK Negeri 2 Palopo. 1–78. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/9504

Djunaidi, & Ramadhan, A. C. (2023). Pengaruh Kesehatan Mental Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Smp Pgri. Al-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01(April), 50.

Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Hartati, L. dan C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII di SMPN 5 Bantan. https://doi.org/10.55883/jipkis.v3i3.92

Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 3(008).

Hendriyani, M. E., Rafenia, V., Maharani, S., & Al-Azis, H. (2023). The Implementation of the Independent Curriculum through Independent Project on Sustainable Lifestyle Theme for Grade 10 Students. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(2), 242–253. https://doi.org/10.52889/jpig.v3i2.208

Juita, D., & M, Y. (2021). the Concept of “Merdeka Belajar” in the Perspective of Humanistic Learning Theory. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(1), 20–30. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i1.111912

Kemenag, R. (2019). Al-Qur’an dan Terjemah.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Abdul Muin, T., & Ali Fakhrudin, Hamdani, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka - Direktorat Sekolah Dasar. (n.d.). Retrieved February 7, 2024, from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Mamik. (2014). Metodologi Kualitatif. Penerbit Zifatama Publisher, 318.

Maulidah, N. I., Asy’arie, B. F., Nurwahyuni, E., & Sulalah, S. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah: Dampaknya terhadap Pemahaman Agama, Nilai Moral, Psikologi dan Sosial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 264–277. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3215

Muslim. (2010). Sahih Muslim, tarqim wa tartib Muhammad Fuad ’Abd al-baqi. Dar Ibn Hazm.

Mustafiyanti, M., Putri, M. P., Muyassaroh, M., Noviani, D., & Dylan, M. (2023). A Form of Independent Curriculum, an Overview of Independent Learning at State Elementary School 05 Gelumbang Muaraenim. Pengabdian: Jurnal Abdimas, 1(2), 82–96. https://doi.org/10.55849/abdimas.v1i2.185

Muttaqin, M. I., Maulana, S., Afief, M. H., Nisaa’, K., Maulida, F. R., & Awaliyah, S. (2023). Tipologi Berakhlakul Karimah dalam Merdeka Belajar. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 32–44. http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/piwulang

Pillawaty, S. S. (2023). Problems of Islamic Religious Education Teachers In Implementing the Independent Curriculum. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.21111/educan.v7i1.9282

Rahmadhani, Defany Dwi. Hazimah, G. F. P. (2023). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. 6, 1688–1692. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20971

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara (CMN), 2. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., Chichi, D., & Harahap, P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195–206. https://doi.org/10.32585/JP.V31I2.2637

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/JKN.67613

S.R Anjani, E. Andriana, S. R. (2023). View of Analisis Kesiapan Dan Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di SDN Sukasari III. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5220

Sahlan, A. (2013). Problematika dan Solusi Pendidikan Agama Islam di Sekolah.

Setioyuliani, S. E. P., & Andaryani, E. T. (2023). Permasalahan Kurikulum Merdeka dan Dampak Pergantian Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 157–162. https://doi.org/10.57251/PED.V3I2.1123

Shodik, A. (2021). Merdeka Belajar: Menurut Perspektif Jhon Dewey. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v8i02.4050

Siti Zulaiha., T. M. dan M. (2020). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.

Solichin, M., & Fujirahayu, F. (2018). Problematika Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 88–113. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1973

Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291

Tantawy, M. S. (1997). At-Tafsir al-Wasit li al-Qur’an al-Karim (Jilit 8). Dar An-Nahdah.

Taqiyuddin, A.-N. (2002). Ad-Daulatul al-Islamiyah (Libanon). Dar al-Ummah.

Ubaidillah, A. (2024). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Berbasis Komunitas dalam Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Negeri Jayawijaya Papua. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen …, 7(1), 306–314. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i1.1107

Usman, U., Nuraulia, D., Nauroh, R., Rajudin, I., & Rifqiawati, I. (2023). Project to Strengthen Pancasila Student Profile as an Application of Differentiated Learning in the Independent Curriculum: A Case Study at a Senior High School in Pandeglang, Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(1), 103–113. https://doi.org/10.52889/jpig.v3i1.159

Utari, M. U. (2022). Problematika Guru Pai Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Mau’izhoh, 4(2), 12. https://doi.org/10.31949/am.v4i2.4500

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2023). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di MI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://doi.org/10.62097/au.v5i2

Windayanti. Afnanda, Mihrab. Agustina, Ria. Kase, Emanuel BS. Safar, Muh. Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063. https://doi.org/10.31004/JOE.V6I1.3197

Zuhaily, W. (1418). At-Tafsir al-Munir fi al-Aqidah waasy-Syariah wa al-Manhaj (Jilid 14). Dar al-Fikr al-Muasir.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i2.23437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitri Amelia Amelia, Asnil Aida Ritonga, Asnil Aida Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License