Karakteristik Masyarakat Islam Perspektif Al-Qur’an: Analisis QS. Ali-Imran Ayat 110

Husnul Fikry, Sulaiman W, Nuraini Nuraini, Ainun Mardhiah

Abstract


The Qur’an as a guide has not been understood by some Muslim communities. Therefore, bad behavior still occurs, so the character of Islamic society has a bad impact. This discussion is to reveal "How are the characteristics of Islamic society from the perspective of the Qur'an". Method of discussion uses a thematic interpretation approach, collecting Qur'anic verses related to "characteristics of Islamic society." The data is processed based on two sources. (a) The primary source is in the form of Qur'anic verses related to "characteristics of Islamic society" and its interpretation; (b) secondary sources that are closely related to the main material in the discussion, such as books, such as Qurani Society and Tracing the Concept of Ideal Society in the Qur'an, as well as several books of interpretation, such as the book of interpretation of Al-Mishbah, Al-Azhar, etc. The results show that the Islamic community is made up of people who have the best character, provided that they are carrying out the rules of Allah SWT. There are three reasons why Muslims are the best people. 1. Muslims are believers. 2. Muslims are people who always advocate for goodness (amar ma'rûf), and 3. Muslims are people who do not allow crimes that can damage society (nahi mungkar).

Abstrak: Al-Qur’an sebagai petunjuk belum dipahami oleh sebagian masyarakat muslim. Oleh karena itu, perilaku tidak baik masih saja terjadi, sehingga karakter masyarakat Islam berdampak buruk. Pembahasan ini untuk mengungkapkan; “Bagaimana Karakteristik Masyarakat Islam Perspektif Al-Qur’an". Metode pembahasan ini menggunakan pendekatan tafsir tematik, mengumpulkan ayat-ayat Alquran yang berkaitan dengan “karakteristik masyarakat Islam”. Data diolah berdasarkan dua sumber. (a) Sumber primer berupa ayat-ayat Alquran yang berkaitan dengan “karakteristik masyarakat Islam” dan penafsirannya, (b) Sumber sekunder yang erat kaitannya dengan bahan pokok dalam pembahasan, seperti buku; Qurani Society, Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal dalam Alquran, serta beberapa kitab tafsir, seperti kitab tafsir Al-Mishbah, Al-Azhar, dan lain-lain. Hasil menunjukkan bahwa masyarakat Islam perspektif Alquran adalah umat yang memiliki karakter terbaik dengan syarat selagi umat Islam tersebut menjalankan aturan Allah SWT. Ada tiga alasan bahwa umat Islam adalah umat terbaik. 1. Umat Islam adalah umat yang beriman kepada Allah SWT. 2. Umat Islam adalah umat yang senantiasa menganjurkan kepada kebaikan “amar ma'rûf” dan 3. Umat Islam adalah umat yang tidak membiarkan kejahatan yang dapat merusak masyarakat “nahi mungkar.”


Keywords


Karakteristik; Masyarakat Islam; Perspektif Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Muslim. Islam Transformatif. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1995.

Agama, Kementrian. “Tafsir Ringkas Kemenag RI,” 2018.

Alwi Shihab. Islam Inklusif. Bandung: Mizan, 2002.

Baidhowi, Nashiruddin Abil Khoir. Anwarut Tanzil Wa Asrarut Ta’wil Bi Tafsiril Baidhowi. Vol. 2. Beirut: Daru Ihyait Turats al-Arabi, 1998.

Engineer, Asghar Ali. “Islam Dan Teologi Pembebasan, Terj.” Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Gofur, Abdul. “Konsep Masyarakat Ideal Dalam Perspektif Alqur’an.” IAIN Palopo, 2016.

Hamka. “Tafsir Al-Azhar,” n.d.

Lyden, John. Enduring Issues in Religion: Opposing Viewpoints. San Diego: Greenhaven Press Inc, 1995.

M. Quraish Shihab. “Tafsir Al-Mishbah,” n.d.

Muthalib, Salman Abdul, and Mushlihul Umam. “Refleksi Ayat-Ayat Toleransi: Memupuk Keberagaman Dalam Menjalankan Syariat Islam Di Aceh.” TAFSE: Journal of Qur’anic Studies 5, no. 2 (November 30, 2020): 22. https://doi.org/10.22373/tafse.v5i2.9053.

Quraish Shihab. “‘Tafsir Quraish Shihab’, Https://Tafsirq.Com/3-Ali-Imran/Ayat-110#tafsir-Quraish-Shihab.,” n.d.

Rachman, Budhy. Islam Pluralis. Jakarta: Paramadina, 2004.

Rahman, Fazlur. Tema-Tema Pokok Al-Qur’an, Trans. Anas Mahyuddin. Bandung: Pustaka, 1980.

W, Sulaiman. “Konsep Moderasi Beragama Dalam Pandangan Pendidikan Hamka.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 2 (2022): 2704–14. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2593.

Wildan Imaduddin. “Tafsir Surat Ali Imran Ayat 110: Menjadi Umat Terbaik Harus Terus Diupayakan,” 2020. https://islami.co/tafsir-surat-ali-imran-ayat-110-menjadi-umat-terbaik-harus-terus-diupayakan/.

Zahra, Muhammad Abu. Membangun Masyarakat Islami, Terj. Shodiq Noor Rahmat. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/tafse.v7i2.13898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Husnul Fikry, Sulaiman W, Nuraini Nuraini, Ainun Mardhiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEX BY:






Journal Secretariat
:
Al-Qur'an and Tafsir Department, 1st Floor, Faculty of Ushuluddin and Philosophy, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Indonesia. Jln. Syeikh Abdul Rauf, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Indonesia. Post Code: 
23111.
Email:
 tafse@ar-raniry.ac.id

TAFSE: Journal of Qur’anic Studies, e-ISSN: 2775-5339, p-ISSN: 2620-4185